Inovasi Sistem Otomasi Vacuum Frying Pada Alat Penggoreng Keripik Ikan Kunir

Authors

  • Asroful Abidin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Setiyo Ferdi Yanuar Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nely Ana Mufarida Universitas Muhammadiyah Jember
  • Amri Gunasti Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

keripik ikan kunir, otomatisasi, vacuum frying

Abstract

UD. Farah merupakan usaha dagang yang bergerak dalam bidang pembuatan keripik ikan laut segar “Ikan Kunir” yang kini menjadi ikon Situbondo. Namun, kapasitas produksi masih tergolong rendah walaupun cukup untuk memenuhi permintaan kebutuhan pasar. Berdasarkan survey yang telah dilakukan, proses produksi keripik ikan kunir masih menggunakan sistem penggorengan manual yaitu menggunakan wajan penggorengan dan dapur berbahan bakar kayu. Hal ini menyebabkan hasil produksi kurang maksimal ditinjau dari kualitas maupun kuantitas. Penggorengan keripik secara tradisional juga cenderung menghasilkan produk kurang seragam yang disebabkan suhu minyak kurang stabil dan perbedaan waktu saat proses penggorengan. Suhu minyak yang ideal berada pada rentang suhu 80°C sampai 100°C. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut akan dilakukan usaha yang mengarah pada penerapan teknologi tepat guna yaitu Inovasi Sistem Otomasi Vacuum Frying Pada Alat Penggoreng Keripik Ikan Kunir. Penerapan sistem otomasi pada mesin penggoreng vakum ini diharapkan bisa membantu dan mempermudah serta mempercepat proses pengolahan keripik. Adapun tahapan dalam melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini yaitu studi literatur, melakukan desain perancangan untuk sistem otomasi vacuum frying, melakukan perakitan sistem sistem otomasi vacuum frying pada alat penggoreng keripik sesuai dengan desain perancangan, melakukan pengujian dan analisa untuk mengetahui kinerja dari alat.

References

Maulana, L. F., Ghozali, H. I., Fikri, M. H., Agustina, E. I., & Ali, M. (2020). Pemanfaatan Limbah Serbuk Kayu Didesa Ranjok Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat Menjadi Biomass Pellet Sebagai Sumber Energi Terbarukan. Jurnal PEPADU, 1(1), 133–138.

Wibowo, N. I. (2020). Kompor, Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna Pelet, Roket Dengan Formulasi Bahan Bakar Sengon, Kayu Dan Kayu. Agroscience, 10(2), 136–137.

Mufarida, N. A. (2019, Januari). Pengaruh Optimalisasi Suhu dan Waktu Pada Mesin Vacuum Frying Terhadap Peningkatan Kualitas Keripik Mangga Situbondo. Jurnal Penelitian Ipteks, Vol. 4 No. 1, 24.

Mufarida, N. A. (2017, Desember ). Pengolahan Buah Mangga Menjadi Keripik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks Vol. 3 No.2 , 66-76.

Steven, d. A. (2015). Rancang Bangun Mesin Penggoreng Kerupuk Pasir Semi Otomatis Dilengkapi Pengatur Suhu. JRM, Vol. 02 No 03, 53- 57.

Prastyo, B. A. (2020, Juli). Perancangan Sistem Penggorengan Pada Mesin Pembuat Keripik Serbaguna Dengan Metode Deep FryingProsidin Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi.

Hakim, L. A. (2017). Perancangan Sistem Otomasi Proses Pelubangan Kartu Tekstil Jacquard Pada Mesin Punching Di PT. Buana Intan Gemilang. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, 68.

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles