Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Kelompok Pengajian ‘Aisyiyah Melalui Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Pembuatan Kerupuk Dari Limbah Ampas Kedelai
Keywords:
Kewirausahaan Mandiri, Limbah Susu Kedelai, Kerupuk Ampas KedelaiAbstract
Ibu-ibu rumah tangga di Kelompok Pengajian Ranting ‘Aisyiyah Dusun Igir-Igir RT 004 RW 009 Desa Cakru Kecamatan Kencong Kabupaten Jember memiliki usaha tambahan yakni membuat susu kedelai. Pengolahan kedelai menjadi susu kedelai ini umumnya dapat dilakukan secara sederhana maupun dengan mesin modern. Selain itu, makin tingginya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat. karena masyarakat sudah banyak mengetahui manfaat dari susu kedelai yang memiliki kandungan protein cukup tinggi dan mengandung senyawa isoflavon yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan susu kedelai tentu limbah yang dihasilkan dari pembuatan susu kedelai ini juga meningkat. Sementara limbah yang masih mengandung gizi cukup tinggi ini belum sepenuhnya di manfaatkan oleh masyarakat. Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yaitu dengan cara pengolahan kedelai menjadi produk susu kedelai dan memanfaatkan limbah ampas kedelai untuk dijadikan makanan yang bernilai gizi tinggi dan mempunyai daya jual yaitu kerupuk ampas kedelai. Kerupuk ampas kedelai merupakan salah satu dari aneka produk makanan yang bisa awet atau tahan disimpan sehingga dapat memberikan nilai ekonomis. Produk kuliner kerupuk ampas kedelai dibuat secara sederhana dan dapat dilakukan dalam skala rumah tangga.
References
Rohmani, S., Yugatama, A., & Prihapsara, F. (2018). Inovasi minuman sehat berbahan kedelai dalam upaya pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha di Kabupaten Sukoharjo. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 68–74.
Sofyan, A., Markhamah, Ikhsani, A. Y., Lestari, Septiana, N. A. D., Rahmawati, D. T., Nisa, Z. R., & Rohman, G. J. N. (2018). Peningkatan kapasitas produksi dan perbaikan kualitas produk susu kedelai skala rumah tangga melalui program kemitraan masyarakat. Prosiding Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (Senadimas) 2018.
Tim Penyusun. (2020). Rencana strategis pengabdian kepada masyarakat 2020-2024. Universitas Muhammadiyah Jember.
Maharani, A., & Sholihah, D. (2018). Peningkatan kualitas produk kerupuk sebagai komoditas pangan islami pada industro kerupuk di Kabupaten Jember. Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Jember.
Gunara, T. (2007). Marketing Muhammad: Strategi andal dan jitu praktik bisnis Nabi Muhammad saw. Masania Prima.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of marketing. Prentice Hall.
Westwood, J. (2006). How to write marketing plan. PT Elex Media Komputindo.
Chaffey, D. (2010). The race digital marketing improvement framework. Introducing RACE = A practical framework to improve your digital marketing. Retrieved July 29, 2018, from [2](https://informasains.com/edu/post/2020/11/cara-menulis-daftar-pustaka-dengan-benar-apa-style-7th/)
Fang, C.-L., & Lie, T. (2006). Assessment of internet marketing and competitive strategies for leisure farming industry in Taiwan. Journal of American Academy of Business, 8(2), 296–300.
El-Gohary, H. (2010). E-marketing: A literature review from a small businesses perspective. International Journal of Business and Social Science, 1(1), 214–244.
Mohammed, R., Fisher, R. J., Jaworski, B. J., & Paddison, G. J. (2003). Internet marketing: Building advantage in a networked economy. McGrawHill.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran strategik (Edisi 2). Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aditya Dimas P, Orisanto Darma Setiawan, Nely Ana Mufarida, Setiyo Ferdi Yanuar, Amri Gunasti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.