Peningkatan Kompetensi Guru SMK Muhammadiyah Kalibawang melalui Pelatihan Google Apps for Education (GAFE)

Authors

  • Ika Arfiani Universitas Ahmad Dahlan
  • Nur Rochmah Dyah Pujiastuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Dwi Normawati Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

pelatihan GAFE;, kompetensi; , pengabdian masyarakat;

Abstract

Pendidikan di era digital membutuhkan perubahan paradigma dalam metode pengajaran dan pembelajaran. Google Apps for Education (GAFE) menjadi salah satu alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pelatihan GAFE terhadap peningkatan kompetensi guru di SMK Muhammadiyah Kalibawang, Kulonprogo. Kegiatan ini menggunakan desain eksperimental pre-test dan post-test. Sebelum pelatihan, dilakukan pengukuran awal kompetensi guru menggunakan kuesioner dan observasi. Setelah itu, menjalani pelatihan intensif GAFE dan menerapkannya dalam pekerjaan sehari-hari. Setelah dilakukan monitoring dan evaluasi, hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penerapan GAFE. Guru yang mengikuti pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, terlihat peningkatan motivasi dan partisipasi aktif dari siswa dalam proses pembelajarannya.

References

Alfitri, dkk. (2020). Pelatihan Penggunaan Fitur Google Application For Education(GAFE) bagi Guru Sekolah. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat PNP, Vol.2 No. 2, December 2020, pp. 76-80.

Buntoro, G. A., Ariyadi, D., & Astuti, I. P. (2018). Pemanfaatan E-Learning Quipper School oleh Guru dan Siswa untuk Optimalisasi Pembelajaran di MAN 1 Ponorogo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), Vol. 3, pp. 153–160. https://doi.org/10.22146/jpkm.27404

Hamzah, B Uno., (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Maulana, D. A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Google Apps for Education Bagi Guru - Guru di MGMP Matematika SMA Kabupaten dan Kota Kediri. 1390–1396.

Undang-Undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

W.J.S. Poerwadarminta. (2012). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Downloads

Published

2023-12-25

Issue

Section

Articles