Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Pelatihan Robotika Sebagai Bentuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SDT Muhammadiyah 1 Besuki
Abstract
SDT Muhammadiyah 1 Besuki sebagai mitra kegiatan pengabdian masyarakat memiliki permasalahan tentang belum optimalnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Rekayasa dan Teknologi diharapkan dapat membuat siswa secara optimal memanfaatkan dan menghasilkan produk melalui kegiatan yang bertemakan robotika. EdScratch adalah solusi yang baik dan sempurna bagi pengembang robot pemula. Sehingga tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan robotika pada Siswa SDT Muhammadiyah 1 Besuki menggunakan aplikasi Edscratch. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan model Training Cycle. Hasilnya kegiatan pelatihan tentang Robotika pada siswa di SDT Muhammadiyah 1 Besuki berjalan dengan lancar. Total 48,2% siswa menyatakan pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa dan total 72% siswa menyatakan aplikasi EdScratch mudah digunakan. Sebanyak 67,5% siswa dapat menyelesaikan tahapan pembuatan robot sesuai instruksi namun hanya sekitar 33% siswa yang menyatakan tertarik akan mengembangkan robot secara mandiri. Adanya pelatihan pembuatan robot ini sangat sesuai diberikan kepada siswa di sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka sebagai bentuk penguatan keterampilan dan nalar kritis yang merupakan bagian dari bentuk Profil Pelajar Pancasila
References
BSKAP. (2022a). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Penguatan Pancasila.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
BSKAP. (2022b). Surat Edaran Badan Standart Kurikulum dan Asesmen Pendidikan tentang
Implementasi Kurikulum Merdeka. https://bskap.kemdikbud.go.id/
Handayani, A. N., Lestari, D., Sendari, S., & ... (2020). Pelatihan Robot Edu Bagi Siswa
SDN Sumbersuko di Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Ilmu
Komputer Untuk …, 1(1), 11–14.
http://jurnal.fikom.umi.ac.id/index.php/ILKOMAS/article/view/770%0Ahttp://103.226.
203/index.php/ILKOMAS/article/viewFile/770/233
Husni, N. L., Handayani, A. S., Prihatini, E., Anisah, M., Sriwijaya, P. N., & Sriwijaya, P. N.
(2019). Peningkatan minat anak di bidang robotika. Snaptekmas, 1(1), 116–126.
https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/SNAPTS/article/view/2026
Kemdikbudristek. (2023). Kenali Kurikulum Merdeka, Tingkatkan Kualitas Pembelajaran.
Ratnadewi, M. A. P. A. D. H. C. F. (2023). JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) Pelatihan Daring Robotika bagi Siswa dan Guru di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.6164
Setyarsih, W., & Rohmawat, L. (2020). Edukasi Robotika Siswa SDN Kecamatan Gayungan Surabaya Dan Pengembangan Softskillnya. Abdi, 6(1), 65–74. https://journal.unesa.ac.id/index.php/abdi/article/download/10735/4523
Siagian, S. M., Pardede, S., & Hs, S. C. (n.d.). PKM Pelatihan dan Penerapan Pembelajaran Robotika Siswa di SD Muhammadiyah 27 Medan Kec . Medan Perjuangan Kota Medan. 1–12.
YOLANDA, Y., & Arini, W. (2018). Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru
Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i1.74
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Qodariyah Fitriyah, Guruh Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.