Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Pada SMA/MA dan SMK Muhammadiyah Kabupaten Jember
Keywords:
Media Promos;, Video;, Tiktok;Abstract
TikTok menjadi salah satu aplikasi yang populer di seluruh dunia. Aplikasi video pendek ini sukses menyita perhatian banyak orang, terutama anak-anak muda karena tampilan serta fitur-fitur menarik yang ditawarkannya. Media sosial Tiktok muncul sejak tahun 2016 yang digunakan sebagai sarana promosi yang dapat memberikan informasi yang tidak memerlukan biaya yang tinggi, tidak memerlukan tenaga yang banyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Sebagai salah satu media sosial tiktok memberikan sarana berbagi konten yang sangat bervariasi dari segi kreativitas, video challenge, lipsync, lagu, menari, bernyanyi dan lain lain. Saat ini banyak lembaga pendidikan menggunakan media tersebut sebagai pengenalan atau promosi. Lembaga pendidikan yang paling banyak menggunakan yaitu Perguruan Tinggi. Hampir seluruh perguruan tinggi menggunakan aplikasi tesebut sebagai media promosi. Namun, berbeda dengan lembaga pendidikan di tingkat sekolah menengah ke atas, seperti: SMA/MA, dan SMK masih belum banyak menggunakan media tersebut sebagai sarana promosi. Seperti SMA/MA dan SMK Muhammadiyah di Kabupaten Jember misalnya. SMA/MA dan SMK Muhammadiyah di Kabupaten Jember terdiri dari: 3 SMA Muhammadiyah, 1 MA Muhammadiyah, dan 5 SMK Muhammadiyah, sehingga total jumlah sebanyak 9 sekolah. Berdasarkan pemasalahan prioritas dari mitra, maka solusi pertama yang ditawarkan dalam kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) adalah program penyediaan aplikasi media sosial Tiktok sebagai sarana media promosi. Setelah menyiapkan alat bantu dan panduan dalam pembuatan konten video promosi Tiktok, maka di tawarkan solusi selanjutnya (solusi kedua), yaitu program pelatihan dan pendampingan pembuatan konten video promosi menggunakan aplikasi Tiktok di SMA/MA dan SMK Muhammadiyah Jember. Ketersediaan pengetahuan tips dan trik cara mengoptimalkan aplikasi tiktok untuk media promosi yang masih belum banyak orang tahu, maka solusi ketiga yang ditawarkan yaitu program pengomtimalan aplikasi Tiktok dengan trik dan tips tertentu.
References
Augustinah, F., & Widayati. (2019). Produk-Produk Yang Ditawarkan. Jurnal Dialektika, 4(2), 1–20.
DataIndonesia. (2021). Pengguna tiktok Indonesia terbesar kedua di dunia. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Issue september 2016, pp. 1–16).
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.
https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Saifudin ilham, Rohmad Wahid Rhomdani Wahid, Muhammad Ihsan Ihsan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.