Pendampingan Pembuatan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru di SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Ika Safitri Windiarti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Mohammed Razi Ellathodi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Haryadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Keywords:

sistem informasi;, penerimaan siswa baru;, efisiensi;, teknologi informasi;, SMK Kesehatan Muhammadiyah Palangkaraya;

Abstract

Pendampingan ini berhasil mengimplementasikan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru berbasis web melalui analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan aplikasi, dan implementasi. Sistem ini memungkinkan calon siswa dan orang tua untuk mengakses informasi penerimaan secara online, termasuk pengisian formulir pendaftaran, mengunggah dokumen, dan mengetahui status pendaftaran. Dengan demikian, calon siswa dan orang tua dapat dengan mudah mengikuti proses penerimaan tanpa harus datang langsung ke sekolah. Survei kepuasan pengguna menunjukkan pengurangan waktu dan upaya yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran. Hasil dari kuesioner yang dilakukan menunjukkan bahwa sebanyak 78,4% responden memberikan tanggapan positif terhadap sistem informasi yang diimplementasikan. Tanggapan tersebut mencakup aspek efisiensi, kemudahan akses informasi, pengurangan waktu dan upaya dalam proses pendaftaran, serta peningkatan pelayanan kepada calon siswa dan orang tua. Implementasi sistem informasi ini memberikan manfaat signifikan dalam mengurangi waktu dan upaya yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran. Artikel ini memberikan panduan dan inspirasi bagi lembaga pendidikan lain dalam mengadopsi teknologi informasi untuk meningkatkan proses penerimaan siswa baru.

References

Afriansyah, H. (2019). Pengertian dan Proses Administrasi Peserta Didik.

Raharjo, M., Napiah, M., & Anwar, R. S. (2022).

Perancangan Sistem Informasi Dengan PHP Dan MYSQL Untuk Pendaftaran Sekolah Di Masa Pandemi. Computer Science (Co-Science), 2(1), 50–58.

Rudi, M. (2019). Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Menggunakan Sistem Zonasi Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan (Issue X, Pp. 1–8). Http://Pedagogi. Ppj. Unp. Ac. Id.

Sudipa, I. G. I., Rahman, R., Fauzi, M., Pongpalilu, F., Setiawan, Z., Huda, M., Kusuma, A. S., Putra, D. M. D. U., Burhan, M. I., & Anzani, Y. M. (2023). PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI BERBAGAI BIDANG. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, M. P., Arifin, S. P., Saleh, M. S., Trustisari, H., & Wijayanto, P. A. (2022). Digitalisasi Sebagai Pengembangan Model Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Widyastuti, S. R. (2022). PENGEMBANGAN SKALA LIKERT UNTUK MENGUKUR SIKAP TERHADAP PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jendela ASWAJA, 3(02), 57–75.

Downloads

Published

2023-07-25

Issue

Section

Articles