Strategi Pengembangan Batik Madura Pewarna Alami Melalui Pendekatan Business Model Canvas
DOI:
https://doi.org/10.32528/agribest.v8i1.1640Keywords:
Batik Madura, Business Model Canvas, Development StrategyAbstract
Batik Madura menggunakan pewarna alami merupakan salah satu batik Madura yang sedang berkembang di Desa Klampar Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan. Oleh karena itu diperlukan strategi pengembangan batik madura menggunakan pewarna alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan Batik Madura pewarna alami. Lokasi penelitian di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Data dikumpulkan mulai bulan Juli sampai September 2023. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan secara sensus melalui wawancara langsung terhadap 3 pengrajin Batik Madura menggunakan pewarna alami. Data sekunder diperoleh dari Kantor Desa Klampar dan beberapa literatur yang relevan dengan penelitian. Metode analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui penerapan Business Model Canvas (BMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sembilan elemen BMC pada usaha batik Madura menggunakan pewarna alami dapat terdeskripsi dengan baik, sehingga untuk impelementasinya merekomendasikan perbaikan pada kesembilan elemen Business Model Canvas dengan strategi yang dihasilkan menjadi masukan bagi pengrajin Batik Madura menggunakan pewarna alami
References
Agustiadi A et al. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Rental Mobil Wiralodra 27 Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 138–150. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm
Alexander Osterwalder, Y. P. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. John Wiley & Sons.
Amanullah, Azhar ANA, F. N. (2015). Comparison of Business Model Canvas (BMC) Among the three Consulting Companies. International Journal of Computer Science and Information Technology Research, 2(1), 29–41.
Candraningrat et al. (2021). Pengembangan Strategi Bisnis Melalui Bmc (Business Model Canvas) Dan Strategi Pemasaran Bagi Umkm Sari Delight Surabaya. TEKMULOGI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–24. https://ejournal.upi.edu/index.php/Tekmulogi/article/view/34295
Chang Hee Park; Young-Hoon Park; David A. Schweidel. (2018). The effects of mobile promotions on customer purchase dynamics. International Journal of Research in Marketing, 35(3), 453–470. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2018.05.001
D. Pringgenies, E. Supriyantini, R. Azizah, R. Hartati, I. dan O. K. R. (2013). Aplikasi Pewarnaan Bahan Alami Mangrove untuk Bahan Batik sebagai Diversifikasi Usaha di Desa Binaan Kabupaten Semarang. Majalah Info, XV(1), 1–9.
Indriany, N., & Indriyani, R. (2017). Analisis Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas Pada UD. Mogajaya Surabaya. Agora, 5(2), 165. https://doi.org/https://doi.org/10.29244/jai.2017.5.2.165-176
Kwartiningsih, E., Setyawardani, D. A., Wiyanto, A., & Triyono, A. (2021). Zat Pewarna Alami Tekstil Dari Kulit Buah Manggis. Ekuilibrium, 8(1), 41–47. https://jurnal.uns.ac.id/ekuilibrium/article/view/49518
Mega Amelia Putri, Yuliandri, Y. P. H. (2022). Strategi Pengembangan Agroindustri Kopi Bubuk Kiniko di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar Agroindustry. Jurnal Agribest, 6(1), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/%2010.32528/agribest.v6i1.6993
Pramudiana Y, Rismayani R, R. F. (2016). Business Plan. PT Remaja Rosdakarya.
Prasetyo Budi B et al. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis Rhythm of Empowerment Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 296–307. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jabm
Puspita Kharisma Subagyo dan Soelityowati. (2021). Pengaruh zat pewarna sintetis terhadap pewarnaan kain batik. Folio, 2(2), 40–46.
Santoso, S. dan F. T. (2002). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi Dengan SPSS. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sularso. (2009). 60 Tahun Gabungan Koperasi Batik Indonesia. Koperasi Pusat Gabungan Koperasi Batik Indonesia.
Wahyuni, S. (2021). Strategi Bussiness Model Canvas (BMC) Bagi Pelaku Usaha Samarinda Dalam Upaya Pengembangan Brand Dan Digitalisasi Produk. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses …, 1(2), 81–86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Agribest

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.