Inovasi Project Ecoprinting untuk Penguatan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Siswa SMP Muhammadiyah 2 Tidore Kepulauan

Authors

  • Karina Ardiyani Arwan Universitas Khairun
  • Arini Z Nasichah Universitas Khairun
  • M Nasir Tamalene Universitas Khairun

Keywords:

Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Ecoprinting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dimensi gotong royong, bernalar kritis dan kreatifitas melalui inovasi Proyek Ecoprinting untuk siswa SMP Muhammadiyah 2 Tidore Kepulauan. Metode penelitian ini yaitu observasi partisipatif yaitu kegiatan observasi secara langsung dalam pelaksanaan proyek di kelas untuk mengamati interaksi, dinamika kelompok, serta penerapan tahapan proyek untuk melihat nilai-nilai Pancasila. Teknik pengumpulan data melalui 4 alur pelaksanaan projek yaitu: pengenalan, kontekstual, aksi nyata, refleksi dan tindak lanjut. Analisis data menggunakan deskriptif dan tematik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan sebelum dan sesudah diberikan proyek ecoprinting dengan nilai rata-rata 78.78 dengan kriteria cukup berkembang meningkat dengan nilai rata-rata 90.24 dengan kriteria berkembang sesuai harapan dengan melihat dimensi bergotong royong, bernalar kritis dan kreatif, maka dapat disimpulkan bahwa dengan tahapan pengenalan, kontekstual, aksi nyata, refleksi dan tidak lanjut dapat menumbuhkembangkan profil pelajar pancasila pada dimensi gotong royong, kreatifitas dan bernalar kritis.

         

References

Abbas, S. (2020). Lifelong Learning:Pembelajaran Kolaboratif Inklusif Untuk Menyiapkan Generasi Digital Yang Humanis. Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 14(1), 119–138.

Andayani, S., Dami, S., & ES, Y. R. (2022). Pelatihan Pembuatan Ecoprint Menggunakan Teknik Steam Di Hadimulyo Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 31. https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1871

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i1.1229

Asriani, D. A., Taher, D. M., & Sundari, S. (2024). Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI. Jurnal Jeumpa, 11(1), 147-161.

D. S., B. W., & Alvin, M. A. (2019). Teknik Pewarnaan Alam Eco Print Daun Ubi Dengan Penggunaan Fiksator Kapur, Tawas Dan Tunjung. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 17, 1–5. https://doi.org/10.54911/litbang.v17i0.101

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

G.K. Mantra, I.W. Lasmawan, & N.K. Suarni. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Ngayah Untuk Mengembangkan Karakter Gotong-Royong pada DImensi Profil Pelajar Pancasila. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 156-168.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint Sebagai Alternatif Peluang Usaha Fashion Yang Ramah Lingkungan. Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–5. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/issue/view/2172

Kemendikbudristek. 2022. Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemuihan Pembelajaran. Jdih.kemdikbud.go.id

Larasati, N., & Yulistiana. (2019). Penerapan Motif Daun Pepaya Dan Adas Sowa Dengan Teknik Eco Printing Pada Blus. Jurnal Tata Busana, 8(2), 8–12.

Maryuningsih, Y., Muspiroh, N., Sholeha, S., Maemunah, A., & Wijaya, R. S. (2022). Pelatihan Ecoprint sebagai Pemberdayaan Ekonomi Kreatif bagi calon Pengusaha dengan Pendekatan ABCD models. Jurnal Indonesia Mengabdi, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.30599/jimi.v3i2.1317

Masyitoh, F., & Ernawati, E. (2019). Pengaruh Mordan Tawas Dan Cuka Terhadap Hasil Pewarnaan Eco Print Bahan Katun Menggunakan Daun Jati (Tectona Grandis). Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(2), 387. https://doi.org/10.24114/gr.v8i2.15630

Pressinawangi, K. P., Nissa, R. R., & Widiawati, D. (2014). Eksplorasi teknik ecoprint dengan menggunakan limbah besi dan pewarna alami untuk produk fashion (Doctoral dissertation, Bandung Institute of Technology).

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138

Ronius, E. (2020). Penerapan Praktik Green Supply Chain Management Pada Umkm Di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penerapan Praktik Green Supply Chain Management Pada Umkm Di Daerah Istimewa Yogyakarta, 1–61.

Salsabila, B., & Ramadhan, M. S. (2018). Eksplorasi Teknik Eco Print dengan Menggunakan Kain Linen untuk Produk Fashion. E-Proceeding of Art & Design, 5(3), 2277–2292.

Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh Iv Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Warta LPM, 21(2), 18–26. https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6761

Sedjati, D. P., & Sari, V. T. (2019). Mix Teknik Ecoprint Dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. CORAK Jurnal Seni Kriya, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.24821/corak.v8i1.2686

Seftika, S., Mujiyanto, J., Faridi, A., & Sakhiyya, Z. (2021). Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Speaking Mahasiswa Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 169–174. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Tungka, N. F., Cipta, O., & Tarinje, N. (2024). Analisis Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Merancang P5 Berbasis Multiliterasi di Kabupaten Poso. 2(03), 136–149. https://doi.org/10.58812/spp.v2i03

Yasa, A. D., Kumala, F. N., & Utama, D. M. (2023). Mewujudkan Sekolah Ramah Lingkungan: Program Eco Printing untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141–147. https://doi.org/10.56393/jpkm.v3i2.1887

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Arwan, K. A., Nasichah, A. Z., & Tamalene, M. N. (2024). Inovasi Project Ecoprinting untuk Penguatan Dimensi Profil Pelajar Pancasila Siswa SMP Muhammadiyah 2 Tidore Kepulauan . Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 9(2), 71–82. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/2498