Validitas LKPD Sistem Koordinasi Terintegrasi Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.32528/bioma.v10i1.2978Keywords:
LKPD, CTL, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan menguji validitasl LKPD yang terintegrasi dengan CTL untuk meningkatkan berpikir kritis pada materi sistem koordinasi sehingga akan memudahkan peserta didik mengaitkan materi ajar dengan kehidupanl sehari-hari. Model pengembangan 4-D untuk menghasilkanl produk LKPD. Teknik pengumpulanl data yaitu dengan metode kuantitatif menggunakan hasil instrumen lembar validasi LKPD yang dilakukan oleh tiga validator ahli, yaitu tiga guru biologi. Aspek yang dinilai dalam instrumen validasi LKPD meliputi; organisasi LKPD, prosedur, pertanyaan masalah, kebahasaan dan kegrafisan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji LKPD aspek organisasi sebesar 97,2%, aspek prosedur 91,7%, aspek masalah 95,8% dan aspek kebahasaan 89,6% sehingga hasil rata-rata uji validitas LKPD adalah 93,8% dengan kriteria sangat valid. Kesimpulan dari validitas LKPD materi sistem koordinasi terintegrasi dengan pembelajaran CTL untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik adalah 93,8%. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa LKPD materi sistem koordinasi terintegrasi dengan pembelajaran CTL yang dikembangkan telah sangat valid.
References
Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Biologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53.
Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442.
Ariani, T., & Yolanda, Y. (2019). Effectiveness of Physics Teaching Material Based on Contextual Static Fluid Material. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 2(2), 70–81.
Azhari, N., Fitriani, V., & Safitri, E. (2024). Validitas Modul Pembelajaran Biologi Materi Jaringan Pada Tumbuhan Kelas XI. IPA MAN 1 Solok Selatan. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 3(1), 139–143.
Budianto, Y., Syakur, A., & Yunus, N. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Ruang Lingkup Biologi Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Kelas X SMAN 5 Palopo. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(2), 66–73.
Cintamulya, I. (2019). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills with Reflective and Impulsive Cognitive Styles on Conservation and Environmental Knowledge Learning. Asia-Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 20(1).
Elista, C. E., & Kuntjoro, S. (2020). Validitas LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 535–544.
Ferazona, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Strategi Active Sharing Knowledge Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 11(1), 64–70.
Firmansyah, A., Hasanuddin, H., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Peserta didik. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 1–10.
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Hamzah, M. Z., & Khoiruman, M. A. (2022). Media Pembelajaran Dalam Menghadapi Di Era Society 5.0. Koloni, 1(2), 444–453.
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24–30.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024.
Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170–177.
Malyani, I. P., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berfikir Kritis Peserta didik yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Implusif pada Pembelajaran Biologi melalui Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Limbah Pengolahan Hasil Laut. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 546–550.
Mariatun, S., & Wahab, W. (2022). Implementasi Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Peserta didik Kelas IX MTs Al-Falah Pancordao Lombok Tengah NTB. Journal of Science and Education Research, 1(1), 51–57.
Mumpuni, A., & Nurbaeti, R. U. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Peserta Didik PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123–132.
Ningrum, S. N. K., & Winarsih, W. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Sub-Materi Interaksi antar Komponen Ekosistem. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 406–413.
Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. S. (2017). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Agustus 2017 eISSN 2581-253X. 1(1), 20–25.
Novita, N., Hodijah, S. R. N., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Contextual Teaching Learning untuk Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Tema Global Warming. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 278–284.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahapeserta didik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967-974.
Pranowo, M. I., Linda, R., & Haryati, S. (2021). Pengembangan LKPD Kimia Berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 11(1), 41–45.
Purba, D. F., Nurdin, D., Diturun, A., Irawan, B., & Darmawan, D. (2023). Mengembangkan Kepemimpinan Pendidikan Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Era Society 5.0. Educare: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–8.
Rahayu, D., & Budiyono. (2018). Masalah Materi Bangun Datar. Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Pengembangan, 06, 249–259
Rahmantyah, S. S. (2023). Studi Komparasi Kuantitas Bivalvia pada Zona Intertidal di Pantai Ntana Kabupaten Bima sebagai Upaya Penyusunan Brosur Konservasi. Panthera: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan, 3(2), 73–97.
Rizalini, R., & Sofyan, H. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik kimia berbasis inkuiri terbimbing untuk kelas Xi IPA SMA/MA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 103–114.
Samawati, Z., & Rahayu, Y. S. (2021). Profil Validitas Dan Kepraktisan E-LKPD Tipe Flipbook Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 385–396.
Saragih, N. D. (2022). Menyiapkan Pendidikan Dalam Pembelajaran di Era Society 5.0.
Satura, Y. T., Abdullah, A., & Rery, R. U. (2021). Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 64–67.
Syahrul, Y. (2019). Penerapan Design Thinking pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Peserta Didik Baru STMIK Palcomtech dan Politeknik Palcomtech. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 109–117.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102–118.
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.