Analisis Klasifikasi Musa acuminata L. dengan CNN dalam RBL-STEM untuk Metaliterasi

Authors

  • Rina Sugiarti Dwi Gita Universitas PGRI Argopuro
  • Nurul Komaria Universitas PGRI Argopuro Jember

Keywords:

Musa acuminata L. , CNN, RBL, STEM, Metaliterasi

Abstract

Research Based Learning (RBL) yang terintegrasi dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) menjadi pendekatan inovatif dalam pendidikan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia yang semakin maju dan berbasis teknologi. Dalam konteks ini, metaliterasi memiliki peran yang sangat penting. Metaliterasi meliputi kemampuan untuk mengelola, mengevaluasi, dan memahami literasi digital, informasi, dan media, yang sangat krusial bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis terhadap informasi, terutama yang berasal dari teknologi digital. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan Research Based Learning (RBL) yang terintegrasi dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk meningkatkan metaliterasi mahasiswa, khususnya dalam klasifikasi tanaman menggunakan Convolutional Neural Networks (CNN). Penelitian deskriptif kualitatif ini menggambarkan kerangka RBL dengan pendekatan STEM yang dirancang untuk mahasiswa pendidikan biologi dalam mengklasifikasikan Musa acuminata L. (pisang). Hasil menunjukkan bahwa kerangka pembelajaran konseptual RBL dengan pendekatan STEM yang dihasilkan memberikan pedoman untuk penerapan analisis klasifikasi Musa acuminata L. di kelas, menekankan pentingnya literasi digital, media, dan informasi dalam konteks teknologi modern.

References

Albaburrahim, A., Suyono, S., & Widyartono, D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Kritis melalui Teknologi Literasi Digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 15–25.

Alfariza, E., Tue, D. A. C., Anas, A. S., Tajuddin, M., & Adil, A. (2024). Klasifikasi Aksara Sasak Menggunakan Convolutional Neural Networks (CNN). JTIM: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6 (3), 346–353.

Bybee, R. W. (2014). NGSS and The Next Generation of Science Teachers. Journal of Science Teacher Education, 25(2), 211–221.

Deviani, D., Supriyanto, S., & Harini, N. W. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan LKS SMART (Solving, Manipulation, and Story Telling) Berbasis Guided Inquiry Materi Sistem Respirasi. Journal of Biology Education, 5(3), 222–229.

Fatmawati, D., Aurora, P. N., Amalia, M. N., Ristianto, A., & Utami, M. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Makanan Daerah terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Datar Segiempat. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 297–308.

Gita, R. S. D., Adhim, F., Jayawardana, H. B. A., & Hariyanto, F. (2024). Development of Android-Based E-Learning Platform with RBL-STEM Approach to Improve Digital Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7597–7605.

Gita, R. S. D., Waluyo, J., Dafik, & Indrawati. (2023). The Analysis of The Implementation of RBL-STEM in Improving Students Creative Thinking Skills In Solving The Use of Chitosan as An Antibacterial for Processed Meat. European Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 36–47. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.2.524

Gusmarani, K. (n.d.). Agar Tidak Pusing Mikirin Public Speaking.

Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 284–291.

Judijanto, L., Apriyanto, A., Suryawan, I. G. T., Aristamy, I. G. A. A. M., Santoso, S., & Putra, B. P. P. (2024). Startup: Ide Dasar dan Implementasi di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Safiati, O. A., Prastiti, T. D., Novianti, I., Wahyuningrum, E., Dafik, D., & Ridlo, Z. R. (2023). Aktivitas Pembelajaran RBL-STEM: Pemanfaatan Cardboard Bekas, Machine Learning dan Robotika dalam Klasifikasi Buah untuk Prototyping Pengemasan Cerdas dalam Meningkatkan Literasi Perubahan Iklim Siswa. Ebook CGANT Universitas Jember.

Shabrina, A. N., & Karyadi, B. (2023). Integrasi Mitigasi Bencana Global Warming pada Materi Pembakaran Hidrokarbon Melalui Pendekatan RBL-STEAM. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 11(6), 995–1009.

Sugianto, F., Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2023). Efektivitas model Pembelajaran REQOL (Real Quest Outdoor Learning) menggunakan Modul Ajar Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPA. Seminalu, 1(1), 265–273.

Susianita, R. A., & Riani, L. P. (2024). Pendidikan sebagai Kunci Utama dalam Mempersiapkan Generasi Muda ke Dunia Kerja di Era Globalisasi. Prosiding Pendidikan Ekonomi, 1–12.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Gita, R. S. D., & Komaria, N. (2025). Analisis Klasifikasi Musa acuminata L. dengan CNN dalam RBL-STEM untuk Metaliterasi. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 10(1), 14–28. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/BIOMA/article/view/2994