Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada PT. Mulya Jaya Bondowoso

Authors

  • Mohammad Iqbal Rifqi Universitas Muhammadiyah Jember
  • Trias Setyowati Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ahmad Izzuddin Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat dan berdaya saing dengan terlebih dahulu mengidentifikasi, menilai faktor-faktor internal perusahaan dan eksternal lingkungan yang mempengaruhi perusahaan tersebut. Hal ini dilakukan dengan menggunakan metode Analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunity, Threat). Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman dilingkungan bisnis maupun kekuatan serta kelemahan yang dimiliki internal perusahaan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk memperoleh sampel, dengan jumlah sampel yang diambil. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan pada PT. Mulya Jaya Bondowoso dan masyarakat yang pernah menjadi konsumen PT. Mulya Jaya Bondowoso, pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pemilihan strategi pemasaran yang tepat pada PT. Mulya Jaya Bondowoso adalah meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan kualitas pelayanan jasa, melakukan promosi yang efektif dan tepat sasaran dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.

Downloads

Published

2023-12-16