Pengaruh Harga, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee

Authors

  • Faris Meirizki Arman Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Restu Frida Utami Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Erny Rachmawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ika Yustina Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Harga, Kualitas Informasi, Persepsi Risiko, Keputusan Pembelian

Abstract

Persaingan e-comemerce pada saat ini semakin meningkat, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya toko online yang bermunclan. Dalam hal ini mengakibatkan setiap perusahaan harus mempunyai strategi untuk mendapatkan banyak konsumen dimana salah satu caranya yaitu dengan menerapkan variasi harga pada setiap produk yang dijual. Penelitian ini menganalisis pengaruh dari harga, kualitas informasi, dan persepsi resiko terhadap keputusan pembelian secara parsial dan simultan. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria yaitu mahasiswa aktif pada Universitas Muhammadiyah purwokerto, Universitas Jendral Soedirmasn dan Univesitas Islam Negeri Saifudin Zuhri, memiliki dan menggunakan aplikasi shopee dan melakukan transaksi minimal 1 kali.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji kecocokan model. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil bahwa harga, kualitas informasi, dan persepsi risiko secara simultan berpengaruh kepada keputusan pembelian, harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, kualitas infomasi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, persepsi resiko berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Downloads

Published

2024-04-29