Pemanfataan E-commerce dan M-commerce Dalam Bisnis di Butik Madinah di Kalisat (Studi Kasus Selama Pandemi Covid-19)

Authors

  • Darma Ayu Ningsih Ningtyas Universitas Muhammadiyah Jember
  • Haris Hermawan Universitas Muhammadiyah Jember
  • Septy Holisa Umamy Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

E-commerce, M-commerce, Minat beli konsumen, Promosi

Abstract

Peneliti ini membahas pemanfaatan E-commerce dan M-commerce dalam bisnis Butik madinah di kalisat (studi kasus pandemi covid-19).Setelah melakukan obsevasi, diketahui bahwa jumalah pemesanan produk yang ada di Butik madinah setelah menggunakan E-commerce dan M-commerece meningkat. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan pada masa zaman covid-19, meningkatkan minat beli konsumen, dan untuk melakukan pemanfaatan E-commerce dan M-commerce sebagai media promosi. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif, karena menyingkap sebuah fenomena dan perilaku yang terjadi. Pendekatan dengam disain deskriptif memungkinkan studi kasus yang amat mendalam dan menusuk sasaran. Oleh sebab itu, peneliti ini melakukan sebuah riset untuk mendapatkan satu objek yang memanfaatkan E-commerce dan M-commerce yang ada di kalisat yaitu Butik madinah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian menggunanakan 3 infroman sebagai narasumber yang terdiri dari pemilik butik dan 2 karyawan butik. Ditemukan bahwa Butik madinah memanfaatkan E-commerce dan M-commerce sebagai media promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan obervasi. Dari hasil penelitian ini yang dilakukan dapat diketahui bahwa Pemanfaatan E-commerce dan M-commerce lebih mudah bagi para pelaku usaha yang mengalami kesulitan dalam perusahaannya.

References

Abdi, Usman Rianse. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi.Bandung. Alfabeta.

Anselm Strauss dan Juliet Corbin, 2007, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif,

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

Creswell, John W, 2012, ”Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed”, Terj.Achmad Fawaid dari judul aslinya Research Design, Qualitative, Quantitative, and MixedMethodsApproach.·Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. II, hal. 20-28.

Eva Siti Nur Afiffah dan Leni Cahyani, 2021, “Analisi penerapan E-commerce Pada UMKMSutan Frozen Food Tegal”, e-Proceeding Of Applied Science, Vol.7, No.6 Desember2021, 2431, Bandung, Universitas Telkom

Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2009, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya

Shabur, M.M. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasuspada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.29 No.1.

Downloads

Published

2024-12-29