Pengaruh Celebrity Entrepreneur, E-WOM dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Pada Produk Menantea di Jember
DOI:
https://doi.org/10.32528/ektasi.v2i3.2175Keywords:
Celebrity Entrepreneur, E-WOM, Brand Image, Purchase IntentionAbstract
Perkembangan zaman menyebabkan berbagai perubahan di segala aspek termasuk aspek bisnis, khususnya pada bidang food and beverage. Persaingan juga semakin meningkat seiring munculnya brand atau produk makanan minuman di Indonesia, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk bisa bertahan dan bersaing di pasar, salah satunya dengan mempertahankan minat beli dari konsumen. Peluang ini dimanfaatkan oleh banyak pebisnis bahkan para selebriti untuk meraup keuntungan dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda untuk memikat hati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity entrepreneur, electronic word of mouth dan brand image secara signifikan terhadap purchase intention pada produk Menantea di Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan sampel Purposive Sampling sebanyak 119 responden, dengan menggunakan elektronik survei yang disebarkan kepada para responden. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji parsial (uji t), dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis menggunakan SPSS versi 25 menunjukkan bahwa keempat variabel yakni celebrity entrepreneur (X1), E-WOM (X2) dan brand image (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada produk Menantea di Jember. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu fenomena celebrity entrepreneur terbilang masih baru di Indonesia, sehingga jumlah konsumen potensial yang tertarik dengan brand dan produk Menantea didominasi sebagian oleh tingkatan umur tertentu, sehingga penelitian ini kurang mewakili dari seluruh kategori usia. Hal tersebut menjadikan generalisasi yang bersifat terbatas untuk penelitian selanjutnya. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menetapkan objek pengamatan yang berbeda dan lebih luas.
References
Aisyi, A. S., & Astuti, R. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Entrepreneur Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Purchase Decision dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi: Studi Kasus Pada Street Boba Di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(5). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Ayuningtyas, F., Pratiwi, M. M., & Manihuruk, H. (2023). Terpaan Media Di Instagram Terhadap Brand Image Pada Followers Akun Instagram @menantea.toko. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 205–217. https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.4437
Febrian, A., & Fadly, M. (2021). Brand Trust as Celebrity Endorser Marketing Moderator’s Role. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(1), 207–216. http://dx.doi.org/10.21776/ ub.jam.2021.019.01.19.
Hamidun, M. A. (). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image SKRIPSI Diajukan untuk Ujian Sarjana Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073
Jacobs dr AD Beldad, S. R. (2019). Celebrity Entrepreneurs vs Social Media Influencers: An Analysis of the Interplay of Endorser Type and e-WOM Valence on Consumers’ Purchase Intention.
Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, 57(1), 1–22. https://doi.org/10.1177/002224299305700101
Meskaran, F., Ismail, Z., & Shanmugam, B. (2019). Online Purchase Intention: Effects of Trust and Security Perception. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(6), 307–315.
Rahayu, N. F., & Putri, A. N. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli pada Produk Avoskin Dimediasi oleh Citra Merek. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. https://journals.usm.ac.id/index.php/jreb /article/view/10709
Siahaan, A. C., Ginting, M., & Br Ginting, L. T. R. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menantea di Kota Medan. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 13(1), 80–91. https://doi.org/10.55601/jwem.v13i1.958
Simbolon, A. S., & Marisa, H. D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Electronic Word of Mouth terhadap Minat Beli dengan Brand Image sebagai Variabel Mediasi pada E-Commerce Tokopedia. ResearchGate. https://www.researchgate.net/publication/370138209
Syaifudin, M. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention pada Shopee melalui Brand Image. Esa Unggul Digital Library. https://digilib.esaunggul.ac.id/pengaruh-electronic-word-of-mouth-dancelebrity-endorser-terhadap-purchase-intention-pada-shopee-melalui-brand-image-17740.html
Thomson, M. (2006). Human Brands: Investigating Antecedents to Consumers’ Strong Attachments to Celebrities. Journal of Marketing, 70(3), 104–119. https://doi.org/10.1509/jmkg.70.3.104
Wijaya, G. A., & Kusuma, I. G. A. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Purchase Intention Produk Fashion Erigo. Jurnal Musytari Neraca. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/9766
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ila Irmawati Ningsih, Trias Setyowati, Yohanes Gunawan Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.