Pengaruh Pemasaran Online, Minat Konsumen Dan Diversifikasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Juragan Tani
DOI:
https://doi.org/10.32528/ektasi.v2i3.2179Keywords:
Diversifikasi produk, Keputusan pembelian, Minat konsumen, Pemasaran onlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran online, minat konsumen, dan diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Juragan Tani. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana faktor-faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di era digital yang semakin berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 konsumen Toko Juragan Tani yang dipilih secara acak. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh variabel independen (pemasaran online, minat konsumen, dan diversifikasi produk) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran online, minat konsumen, dan diversifikasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara ketiga variabel tersebut, pemasaran online memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peningkatan strategi pemasaran online dan diversifikasi produk dapat secara signifikan meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Saran yang diajukan adalah agar Toko Juragan Tani terus berinovasi dalam strategi pemasaran online dan diversifikasi produk untuk menarik dan mempertahankan minat konsumen.
References
Amalia R, Moris adidi Y. (2015). Pengarauh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa. Valuta 1 (1), 149-172.
Danis Imam B. (2018). Analisis Pengaruh Diversifikasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada UKM Gula Kelapa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 10 (19).
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Hermawan, L. 2015. Dilema Diversifikasi Produk: Meningkatkan Pendapatan atau Menimbulkan Kanibalisme Produk?. Jurnal Studi Manajemen. Volume 9 (2).
Lucius H. (2015). Dilema Diversifikasi Peroduk Meningkatkan Pendapatan atau Menimbilkan Kaanibalisme Produk. Journal Of Management Studies 9 (2).
Luthfiya, (2014). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Pada Siswa-Siswi SMA Yayasan Pendidikan Harapan 3 Medan. Skripsi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara.
Nugroho, A., & Wahyuni, S. (2020). Pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 122–130.
Nurlita, D., & Ernawati, I. (2021). Pengaruh minat konsumen terhadap keputusan pembelian produk kecantikan. ECOTAL: Jurnal Ekonomi dan Perpajakan, 3(2), 55–64.
Ranius, A Yani, (2014). Hubungan Pemasaran Secara Online Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian. Seminar Nasional inovasi dan Trend 2014
Saidah P.S (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan pembelian pada Konsumen. Jurnal Ilmiah Psikologi 8 (1), 147.
Swastha, Basu. 2013. Manajemen PemasaranI, Edisi Ketiga, Yogyakarta : BPFE
Taufik A, et al. (2021). Diversifikasi Produk Pendekatan Islamic Ethic Dalam Meningkatkan Omset Bisnis Retail. Jurnal Studi Keislaman 7 (1), 1-16.
Tri Lestari P.W., & Dita S. (2023). Pengaruh Promosi Online dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk UMKM Kopi Kenangan Ruko Ahmad Yani di Bandar Lampung. Jurnal EMT KITA 7 (2), 521-529.
Wulandari, D. (2019). Pengaruh minat konsumen terhadap keputusan pembelian produk fashion secara online. Jurnal Riset Pemasaran, 6(1), 25–33.
Zaenal, M., Fitriani, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis pengaruh pemasaran online terhadap keputusan pembelian produk fashion secara daring. YUME: Journal of Management, 5(1), 1–10.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Achmad Rifqi Khamdani, Ahmad Izzuddin, Pawestri Winahyu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.