Pengaruh Konten Berkualitas, Search Engine Optimization (SEO) dan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Kampanye Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Sumenep

Authors

  • Fathorrahman Fathorrahman Universitas Wiraraja
  • Liyanto Liyanto Universitas Wiraraja
  • Nurdody Zakki Universitas Wiraraja
  • Unsul Abrar Universitas Wiraraja
  • Syaiful Anwar Universitas Wiraraja

Keywords:

Konten Berkualitas, Search Engine Optimization (SEO), Media Sosial, Kampanye Digital Marketing, UMKM

Abstract

Kampanye digital marketing di Indonesia juga menghadapi tantangan, khususnya terkait dengan penyebaran hoaks dan disinformasi yang dapat memengaruhi persepsi konsumen. .Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Konten Berkualitas, Search Engine Optimization (SEO), dan Media Sosial terhadap keberhasilan kampanye digital marketing pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei yang melibatkan 75 pelaku UMKM sebagai responden. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel SEO (koefisien t = 3,261; p < 0,05) dan Media Sosial (koefisien t = 5,230; p < 0,05) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan kampanye digital marketing. SEO terbukti meningkatkan visibilitas UMKM di platform digital, sementara media sosial berperan dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan interaksi dengan konsumen. Sebaliknya, variabel Konten Berkualitas (koefisien t = 1,102; p > 0,05) tidak berpengaruh signifikan secara parsial, yang menunjukkan perlunya optimalisasi distribusi dan relevansi konten. Temuan ini menekankan pentingnya integrasi strategi SEO dan media sosial yang efektif untuk meningkatkan keberhasilan kampanye digital UMKM di Sumenep. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan strategi pemasaran digital mereka

References

Ahmad Fahrizal et al. 2024. Kewirausahaan Sosial di Muara Teweh: Membangun Ekonomi Komunitas Melalui Inovasi dan Kolaborasi yang Berkelanjutan. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset.

Anggraeni, R. (2020). Enhancing the Revisit Intention of Nature-Based Tourism in Indonesia : The Management and Business Research Quarterly Enhancing the Revisit Intention of Nature Based Tourism in Indonesia : The Role of Memorable Tourism Experience and Satisfaction. (January). https://doi.org/10.32038/mbrq.2019.11.02

Bouchra, D., & Hasnaa, G. (2020).Content marketing and website users engagement: The impact of relevant content on the web on user engagement behaviors. Periodicals of Engineering and Natural Sciences, 8(3), 1860–1872. https://doi.org/10.21533/pen.v8i3.1642

Muharam, H., Wandrial, S., Rumondang, P. R., Handayani, M. A., & Masruchan, M. (2024). Innovative Strategies in Digital Marketing: Enhancing Consumer Engagement and Brand Loyalty. Global International Journal of Innovative Research, 2(7), 1629–1643. https://doi.org/10.59613/global.v2i7.236

Nagpal, M., & Petersen, J. A. (2021). Keyword Selection Strategies in Search Engine Optimization: How Relevant is Relevance? Journal of Retailing, 97(4), 746–763. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2020.12.002

Rahmadi, A. N., Sudarmiatin, & Wardana, L. W. (2023). The Influence of Product Quality and Digital Marketing on Customer Loyalty in Coffee Bean Products at Titik Tuju Kediri. RISK : Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 133–140. https://doi.org/10.30737/risk.v4i2.5206

Salamanca, L. (2016). The Use of Relevant Content in Mexican Government Websites. 4th International Conference on User Science and Engineering (i-USEr), 1–4.

Santoso, Laksono, M. (2016). Aqil, Impelementasi Digital Campaign Melalui Media Sosial Sebagai Strategi

pengembangan Ruang Belajar Eza. 8(1), 1–23.

Sekarhati, D. K. S. (2024). Combating Hoax and Misinformation in Indonesia Using Machine Learning What is Missing and Future Directions. Engineering, MAthematics and Computer Science Journal (EMACS), 6(2), 143–150.

https://doi.org/10.21512/emacsjournal.v6i2.11556

Siva, A., & FelisiyaA. (2024). Impact of social media Platform on Audience Engagement. Shanlax International Journal of Management, 11(S1), 92–97.

Sri Mega Wahyuni Arwin, Muhammad Isra, & Mutiara. (2024). The Role of Social Media in Digital Marketing in the Creative Industry case study on Aico Creative Indonesia. Journal of Economics, Entrepreneurship, Management Business and Accounting, 2(2), 109–115. https://doi.org/10.61255/jeemba.v2i2.362

Sudadi Pranata, Umi Narimawati, & M. Yani Syafei. (2024). Content Marketing, Social Media Marketing and Search Engine Optimization (SEO) on Successful Business Performance in Msmes in Cirebon City with Digital Literacy as an Intervening Variabl. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen (REKOMEN), 7(1), 272–283.

https://doi.org/10.31002/rekomen.v7i1.1426

Tunsakul, K. (2024). Impact of Digital Content Quality and Network Externalities on the Development of Young Consumers’ Online Brand Trust and Loyalty. HUMAN BEHAVIOR, DEVELOPMENT and SOCIETY, 25(2), 18–26. https://doi.org/10.62370/hbds.v25i2.272204

Zhu, Y. (2024). Leveraging Social Media Marketing: A Case Study of Starbucks Digital Success. Advances in Economics, Management and Political Sciences, 102(1), 199–204. https://doi.org/10.54254/2754-1169/102/2024ed0108

Downloads

Published

2024-12-29