Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk MS Glow di Kota Banda Aceh
Keywords:
Social Media Marketing Instagram, Kualitas Produk, Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran melalui media sosial Instagram dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen terhadap produk MS Glow di Kota Banda Aceh. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 91 responden, yang selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, variabel pemasaran melalui media sosial Instagram dan kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Banda Aceh terhadap produk MS Glow. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli produk MS Glow di Kota Banda Aceh.
References
Abzari. (2014). Analisis Pengaruh Media Sosial pada Sikap merek dan minat beli konsumen. Jurnal sosial dan ilmiah, 1(43), 822-830.
Khairunnisa, S., Budiyanti, H., & Haeruddin, M. I. W. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow (Studi Kasus Pada Konsumen Distributor Ms Glow Panakukkang di Kota Makassar). Cemerlang: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 110-126.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Marketing Management. Pearson Education.
Kusherawati, A. P., Isaskar, R., & Dewi, H. E. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian dengan Brand Trust sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 24(1), 55-68.
Novila Mileva, D. (2018) Pengaruh Social Media Marketing dan Persepsi Kualitas Terhadap Niat Beli Surabaya Snowcake (Studi Pada Masyarakat Surabaya Timur). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(2), 446-452.
Nikonov, F., & Prasetyawati, Y. R. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Guèle Cosmetics. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 82-98.
Pertiwi, B. A. S., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kaos Lokal Kerjodalu. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1376–1383.
Salmiah, dkk. 2020. Online Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Setiawan, F. A. D. (2021). Pengaruh social media marketing, kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk danke bags (Doctoral dissertation).
Wang, T., Yeh, R. K. J., & Imron, A. (2016). The antecedents of Indonesian buyer trust in social commerce: From an attribution theory perspective. In 20th Pacific Asia Conference on Information Systems, PACIS 2016. Pacific Asia Conference on Information Systems.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Julita, Amelia Amelia, Said Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.