Pengaruh Digital Marketing Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Coffee Shop Kopi Kiri Peuniti Banda Aceh

Authors

  • Lutpir Rahman Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Amelia Amelia Universitas Muhammadiyah Aceh
  • Nadiya Nadiya Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Aceh

DOI:

https://doi.org/10.32528/ektasi.v2i3.2982

Keywords:

Digital Marketing, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Shop Kopi Kiri Peuniti Banda Aceh. Objek dalam penelitian ini yaitu digital marketing dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Shop Kopi Kiri Peuniti Banda Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 96 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t dimaksud untuk mengetahui secara simultan dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel digital marketing dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Coffee Shop Kopi Kiri Peuniti Banda Aceh. Sedangkan secara parsial variabel digital marketing berpengaruh dan signifikan terhadap Keputusan pembelian konsumen Pada Coffee Shop Kopi Kiri Peuniti Banda Aceh. Gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Pada Coffee Shop Kopi Kiri Peuniti Banda Aceh.

References

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Blackwell dan Miniar dalam Suryani. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Engel. (2019). Pengertian perilaku konsumen dalam buku Perilaku Konsumen, Edisi 6: jilid 1. Penerbit Binarupa Aksara.

Hermawan. (2016). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ilham, M. N., Amelia, A., & Murni, M. (2023). Pengaruh Suasana Cafe, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Konsumen Mengunjungi D’Energy Cafe di Area SPBU Lamsayuen Aceh Besar. Jurnal Mirai Management, 8(3).

Julita, R., Amelia, A., & Firdaus, S. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk MS Glow di Kota Banda Aceh. Jurnal Ekonomi, Akutansi dan Organisasi, 2(2), 92-98.ilh

Khoziyah, Siti. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi | Vol. 10 No. 1, Maret 2021: Hal. 39-50 P-ISSN: 2252-665X | E- ISSN: 2176-1889.

Kotler, Philips & Armstrong, Gary (2015). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Penerbit PT. Indeks McGraw-Hill, New York. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2014). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Edisi keempat, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Marketing Management. Pearson. Eangland.

Mahanani, Estu. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Mall.

Marsilina, Fransilia. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Pemasaran Digital, 5(3), 45-56.

Pebrianti. (2020). Pengaruh Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial.

Rinaldi, F., Amelia, A., & Murni, M. (2024). The Influence of Marketing Mix and Healthy Lifestyle On Decisions To Purchase Herbalife Nutrition in Banda Aceh City. SMART: Management Journal, 4(2), 60-66.

Sanjaya, Ridwan & Josua, Taringan. (2017). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Saputra, Gede Wisnu. (2020) “Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Pegadaian Kantor Wilayah VII Denpasar”.

Sari, Rya Yulia. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kemudahan, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Market Place. Jurnal Ekonomi Digital, 3(2), 67-75.

Setiadi, Nugroho J. (2017). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.

Downloads

Published

2025-04-29