Penentuan Strategi Pemasaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Usaha Mie Gembrot Bondowoso

Authors

  • Kutsiatun Elfiah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Retno Endah Supeni Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ira Puspitadewi Samsuryaningrum Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Kata Kunci : Faktor internal, Faktor Eksternal, Matrik SWOT

Abstract

Di era globalisasi ini, setiap perusahaan dihadapkan oleh persaingan dunia usaha yang semakin ketat. Meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta berusaha untuk memenuhi harapan konsumen. Bondowoso merupakan kabupaten yang mengalami perkembangan cukup pesat layaknya kota maju. Dapat diketahui bahwa laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Bondowoso yang semakin pesat menyebabkan banyaknya pelaku usaha dibidang kuliner. Salah satu warung yang sudah menjual makanan yaitu Mie Gembrot Bondowoso. jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif sebagaian data yang di peroleh akan di angkakan untuk mempermudah penggabungan dua atau lebih data variabel kemudian setelah didapat hasil akhir akan di kualitatifkan kembali. dalam penelitian ini berangkat analisis data menggunakan analisis SWOT (strenghts, weakness, opportunities, dan threats), terutama untuk mengetahui pengelolaan usaha Mie Gembrot Bondowoso. sedangkan dalam pengumpulan data wawancara,observasi,dan dokumentasi. hasil penelitian menjunjukan bahwa dalam matrik IE di tunjukan bahwa usaha mie gembrot Bondowoso berada pada kuadrat pertumbuhan. untuk mencapai pertumbuhan baik dalam penjualan, aset dan profit atau bahkan mendapatkan ketiganya.

Downloads

Published

2023-08-30