Pirolisis Serbuk Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) untuk Bahan Brake Pad Sepeda Motor Bermatrik Epoxy

Authors

  • Kosjoko
  • Taufan Abadi Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/jp.v8i1.502

Keywords:

Serbuk arang kayu jati; Brake pad; epoxy

Abstract

Material alternatif yang terbuat non  asbestos sangat memungkinkan dijadikan sebagai bahan brake pad dan tidak berdampak pada lingkungan yang erat sekali dengan hubungan kesehatan.  Pencemaran di udara bebas yang disebabkan oleh partikel asbestos yang berdampak sangat membahayakan pada lingkungan. Material yang notabenenya terbuat dari logam sebagai penguat brake pad juga dapat mengganggu yaitu menimbulkan suara bising dan juga berdampak pada material lainnya seperti cepat aus dan kurang pakem saat terjadinya pengereman. Sedangkan tugas yang paling utama pada pad yaitu menghentikan kendraan bermotor tanpa ada guncangan dan berhenti secara halus. Di saat pengereman perlu adanya tanda-tanda yang perlu diwaspadai untuk sistem perbaikan pengereman secara berkala. Pengertian keausan adalah yaitu hilangnya sebagian bahan dari permukaan suatu benda yang di sebabkan oleh gesekan atau sentuhan benda tersebut. Hasil laboratorium uji kekerasan benda uji bahan yang pirolisis pada suhu 250°C pada perbandingan  50% : 50 % Fraksi volume = 78 HD, nilai terkecil 40% : 60% fraksi = 60 HD (hard durometer). Terendah 50% arang hasil pirolisis dan 50% epoxy : 0.03204 mm3/kg.m, tertinggi fraksi volume 40% : 60% = 0.03500  mm3/kg.m. Pengujian bending tertinggi dengan fraksi volume 40% : 60% sebesar = 19,1  Mpa. Terendah pada perbandingan 60% : 40% = 13,16 Mpa.

References

S. Arif, D. Irawan, and M. Jainudin, “Analisis Sifat Mekanis Perbandingan Campuran Komposit Serbuk Gergaji Kayu Jati Dengan Matrik Epoxy Untuk Material Kampas Rem Cakram,” J. Technopreneur, vol. 7, no. 2, pp. 58–63, 2019, doi: 10.30869/jtech.v7i2.385.

K. Ridhuan, D. Irawan, and R. Inthifawzi, “Proses Pembakaran Pirolisis dengan Jenis Biomassa dan Karakteristik Asap Cair yang Dihasilkan,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 8, no. 1, pp. 69–78, 2019, doi: 10.24127/trb.v8i1.924.

I. Qiram, D. Widhiyanuriyawan, and W. Wijayanti, “Pengaruh Variasi Temperatur Terhadap Kuantitas Char Hasil Pirolisis Serbuk Kayu Mahoni (Switenia Macrophylla) Pada Rotary 39 Kiln,” J. Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 1, pp. 39–44, 2015, doi: 10.21776/ub.jrm.2015.006.01.6.

P. I. Purboputro, “PEMBUATAN KAMPAS REM MENGGUNAKAN VARIASI BUTIRAN MESH ALUMUNIUM SILICON (Al-Si) 50, 60, 100 DENGAN SERBUK KAYU JATI TERHADAP NILAI TINGKAT KEKERASAN, KEAUSAN DAN KOEFISIEN GESEK,” Media Mesin Maj. Tek. Mesin, vol. 21, no. 1, pp. 35–45, 2020, doi: 10.23917/mesin.v21i1.9753.

F. Yudhanto, S. A. Dhewanto, and S. W. Yakti, “Karakterisasi Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serbuk Kayu Jati,” Quantum Tek. J. Tek. Mesin Terap., vol. 1, no. 1, 2019, doi: 10.18196/jqt.010104.

K. Kosjoko, “Serbuk Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) sebagai Bahan Penguat Komposit Brake Pad Sepeda Motor Bermatriks Epoxy,” J-Proteksion, vol. 6, no. 1, pp. 16–19, 2021, doi: 10.32528/jp.v6i1.4979.

K. Kosjoko and N. A. Mufarida, “Pemanfaatan Limbah Serbuk Arang Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) sebagai Material Brake Pads,” J-Proteksion J. Kaji. Ilm. dan Teknol. Tek. Mesin, vol. 7, no. 1, pp. 21–27, 2022, doi: 10.32528/jp.v7i1.8052.

M. N. A. Endah Ayuningtyas, “Teknik Lingkungan Institut Teknologi Yogyakarta Teknik Lingkungan Universitas Proklamasi 45 Alamat email : endaha25@ity.ac.id ABSTRAK CHARACTERISTIC STUDY OF PYROLYSIS PROCESS AND CHARCOAL FROM SAWDUST BRIQUETTE WITH HEATING RATE VARIATIONS USING SINGLE R,” vol. 19, no. 1, pp. 1–14, 2019.

J. T. Kimia and P. N. Malang, “Pengaruh Waktu Pirolisis Serbuk Gergaji Kayu Terhadap Hasil Asap Cair,” Distilat J. Teknol. Separasi, vol. 8, no. 1, pp. 28–35, 2022, doi: 10.33795/distilat.v8i1.227.

M. Arman and M. Munira, “Produksi Bahan Bakar Alternatif Briket Dari Hasil Pirolisis Bahan Batubara Dan Serbuk Gergaji,” J. Chem. Process Eng., vol. 3, no. 2, p. 27, 2019, doi: 10.33536/jcpe.v3i2.260.

M. Wijaya, E. Noor, T. T. Irawadi, and D. G. Pari, “PERUBAHAN SUHU PIROLISIS TERHADAP STRUKTUR KIMIA ASAP CAIR DARI SERBUK GERGAJI KAYU PINUS Pyrolysis Temperature Change at Chemical Wood Vinegar Component from Pine Wood Sawdust,” Perubahan Suhu Pirolisis terhadap Strukt. Kim. J. Ilmu dan Teknol. Has. Hutan, vol. 1, no. 2, pp. 73–77, 2008.

I. Nuhardin, “Kualitas Limbah Serbuk Gergaji Untuk Arang Yang Diperoleh Dengan Metode Pirolisis Lambat,” Turbo J. Progr. Stud. Tek. Mesin, vol. 7, no. 2, pp. 166–173, 2018, doi: 10.24127/trb.v7i2.810.

H. S. Budiono, E. Surojo, N. Muhayat, and I. Taufik, “Analisis Pengujian Porositas Terhadap Hasil Post Curing Komposit Kampas Rem,” J. Mech. Eng., vol. 4, no. 2, pp. 29–35, 2020, doi: 10.31002/jom.v4i2.3414.

S. Sumiyanto, A. Abdunnaser, and A. N. Fajri, “Analisa Pengujian Gesek, Aus Dan Lentur Pada Kampas Rem Tromol Sepeda Motor,” Bina Tek., vol. 15, no. 1, p. 49, 2019, doi: 10.54378/bt.v15i1.872.

R. Kennedy, E. Surojo, and W. Wisnu Raharjo, “Studi Karakteristik Kampas Rem Kendaraan Penumpang Type Oes (Original Equipment Sparepart) Dan Am (After Market) Pada Dry Dan Wet Sliding,” Mek. Maj. Ilm. Mek., vol. 18, no. 1, pp. 28–34, 2019, doi: 10.20961/mekanika.v18i1.35043.

Warman, H. Darmadi, Abdillah, and Safitri, “Pengembangan bahan kampas rem tromol ( drum brake pad ) sepeda motor berbahan dasar komposit cangkang dan serat buah kelapa sawit Dengan poliuretan sebagai pengikat,” Reg. Dev. Ind. Heal. Sci. Technol. Art Life, pp. 122–129, 2016.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Kosjoko, & Abadi, T. (2023). Pirolisis Serbuk Kayu Jati (Tectona Grandis L.F) untuk Bahan Brake Pad Sepeda Motor Bermatrik Epoxy . J-Proteksion: Jurnal Kajian Ilmiah Dan Teknologi Teknik Mesin, 8(1), 30–35. https://doi.org/10.32528/jp.v8i1.502