Pengaruh Sense Dan Feel Marketing Berbasis Syariah Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Minimarket Berlandaskan Islam

Authors

  • Feti Fatimah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Wenny Murtalining Tyas Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Experiential Marketing Berbasis Syariah, Minimarket, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Pertumbuhan minimarket membuat persaingan semakin ketat, sehingga minimarket disarankan menciptakan customer experience secara positif kepada para konsumennya salah satunya dengan menerapkan Experiential Marketing Berbasis Syariah. Obyek penelitian adalah minimarket berlandaskan Islam di Kabupaten Jember. Di pilih minimarket berlandaskan Islam di Kabupaten Jember karena kabupaten jember telah berdiri banyak minimarket yang berlandaskan Islam. Populasi penelitian ini adalah seluruh pembeli minimarket berlandaskan Islam di Kabupaten Jember. Penelitian ini terdapat kuesioner yang sebanyak 285. Teknik sampel adalah metode purposive sampling. Variabel bebas adalah Sense dan Feel. Variabel intervening dalam penelitian ini adalah kepuasan konsumen. Variabel endogen yaitu Loyalitas Konsumen. Teknik analisis yaitu SEM AMOS 23,0. Hasil penelitian hipotesis diterima, terdapat pengaruh signifikan Sense dan Feel pada Loyalitas Konsumen baik langsung maupun tidak langsung melalui Kepuasan Konsumen.

References

Amrullah, W. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Sengkaling Kuliner “Sekul” Malang. Manajemen Bisnis, 7(2), 119–128. Https://Doi.Org/10.22219/Jmb.V7i2.7006.

Aulia, M. R., & H. (2021). Pengaruh kualitas layanan, kepuasan dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah bank syariah mandiri cabang banda aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(1), 108–121.

Rindengan, C. M., Mananeke, L., Poluan, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Karombasan Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2988–2997. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V6i4.21212.

Rizal, M., & Bulan, T. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan Kolam Renang Mutiara Waterpark Perumnas Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 5(1), 469–478.

Schmitt, B.H., Brakus, J.J. and Zarantonello, L. (2015). From experiential psychology to customer experience. Journal of Consumer Psychology, Vol. 25 No. 1, Pp. 166-171.

Shera, A. A. A. A. (2021). Pengaruh Emotional Attachment dan Religiosity dalam membangun Customer Loyalty melalui Customer Satisfaction (Studi Pada Pengguna Produk Kecantikan Berlabel Halal di Kota Malang). Jurnal Siasat Bisnis Vol.18 No.2 Juli.

Suhartanto, D., Dean, D., & Sarah, I. S. (n.d.). Does religiosity matter for customer loyalty ? Evidence from halal cosmetic. Https://Doi.Org/10.1108/JIMA-03- 2020-0069.

Downloads

Published

2024-12-29