Inovasi Keuangan Digital: Mendorong Pertumbuhan Pendapatan UMKM Kuliner Di Era Normal Baru

Authors

Keywords:

fintech, e-payment, e-commerce, e-Servqual, era normal baru

Abstract

Inovasi Keuangan Digital (fintech) di Indonesia, khususnya melalui e-payment, e-commerce, dan kualitas layanan elektronik (e-servqual), telah memberikan dukungan signifikan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), terutama dalam menghadapi tantangan selama pandemi COVID-19. Penelitian ini berfokus pada UMKM kuliner di Jember, untuk menilai bagaimana inovasi fintech tersebut mempengaruhi pendapatan mereka di era normal baru. Melalui analisis regresi linier berganda, penelitian ini mengevaluasi pengaruh e-payment, e-commerce, dan e-servqual terhadap pertumbuhan pendapatan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adopsi e-payment menghadapi hambatan dalam hal kemudahan penggunaan dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan, sementara e-commerce dan e-servqual berdampak positif terhadap pertumbuhan pendapatan. Temuan ini mengindikasikan bahwa inovasi keuangan digital, terutama perbaikan dalam sistem e-payment, dapat lebih meningkatkan kinerja bisnis UMKM. Penelitian ini menyoroti perlunya pengembangan layanan fintech yang berkelanjutan untuk membantu UMKM berkembang dalam lingkungan bisnis yang terus berubah, dengan harapan inovasi keuangan digital ini dapat lebih mendorong pertumbuhan pendapatan.

References

Amri, A. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. . Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123–131.

Bhati, N. S., Vijayvargy, L., & Pandey, A. (2022). Role of E-Service Quality (E-SQ) on Customers’ Online Buying Intention: An Extended Theory of Planned Behavior. IEEE Access, 10, 77337–77350. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3190637

Desiana, D., Bintari, V. I., & Nanda, U. L. (2024). E-commerce, Financial Technology, Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Pendapatan UMKM Kota Tasikmalaya. Owner, 8(3), 2139–2149. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2264

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. (2024). Data UMKM Kabupaten Jember.

Febrinda, R. R., & Ningsih, R. (2023). KESIAPAN DIGITALISASI SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI DI PASAR RAKYAT. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 13(2), 87–100. https://doi.org/10.22212/jekp.v13i2.2022

Harto, B., Sumarni, T., Dwijayanti, A., Komalasari, R., & Widyawati, S. (2022). Transformasi Bisnis UMKM Sanfresh Melalui Digitalisasi Bisnis Pasca Covid 19. IKRA-ITH ABDIMAS, 6(2), 9–15. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2399

Igudia, O. P. P. (2018). Electronic payment systems adoption by SMEs in Nigeria: A literature review. Nigerian Journal of Management Sciences, 6(2), 150–165.

Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). (2024). PERAN PLATFORM DIGITAL TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI INDONESIA. https://indef.or.id/category/conference/

Juwita, O., Firdonsyah, A., Ali, M., Widodo, A. P., & Isnanto, R. R. (2022). Studi Literatur Platform Digital Sebagai Sarana Pembangunan Ekosistem Dalam Mengembangkan UMKM. INFORMAL: Informatics Journal, 7(1), 59. https://doi.org/10.19184/isj.v7i1.31547

Kim, S. I., & Kim, S. H. (2020). E-commerce payment model using blockchain. Journal of Ambient Intelligence and Humanized Computing, 2008. https://doi.org/10.1007/s12652-020-02519-5

Nawarini, A. T., & Shaferi, I. (2022). International Sustainable Competitiveness Advantage 2021 Digipreneurship Concept for Enhancing SMEs Performance on Post Pandemic Covid-19. www.ekon.go.id,

Poerna Wardhanie, A., & Ahmad Nizar Yogatama. (2022). Peran E-Service Quality Dalam Meningkatkan Penjualan Makanan Melalui Penggunaan Aplikasi ShopeeFood. Journal of Technology and Informatics (JoTI), 3(2), 67–77. https://doi.org/10.37802/joti.v3i2.225

Puspaningrum, R. A. (2022). Factors That Influence Consumer Purchase Intention In GoFood E-commerce In The Covid-19 Era (Study On People In The City of Bandung, Indonesia). International Journal Administration Business and Organization, 3(1), 29–40. https://doi.org/10.61242/ijabo.22.194

Rizki Amalia, Syauqi, A., & Prasetya, A. A. (2024). Pengaruh E-Service Quality, Citra Merek, dan Transformaasi Digital Kinerja UMKM Batik Banyumas Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 11(2), 26–38. https://doi.org/10.54131/jbma.v11i2.196

Rosalina Widyayanti, E. (2020). ANALISIS PENGARUH KECENDERUNGAN PERGESERAN SISTEM PEMBAYARAN DARI TUNAI KE NON-TUNAI/ONLINE PAYMENT TERHADAP PERTUMBUHAN PENDAPATAN USAHA (Studi pada UMKM di Yogyakarta). www.gatra.com,

Sadrakh Zefanya Putra, Shasabila Titanie Harianto, & Yabes Christian Matondang. (2023). Analisis Pengaruh E-Commerce: Studi Literatur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi UMKM. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.494

Santoso, F. R., Wijayantini, B., & Sobri, T. (2023). Unlocking The Potential: How Financial Inclusion And Finan-cial Behavior Drive Growth In Culinary MSMEs (Vol. 2, Issue 3). http://proceeding.unmuhjember.ac.id/index.php/issh

Saputri, N. A. (2021). Readiness of SMEs on Digital Payment for Business Sustainbility. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 140–144. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1079

Sundah, P. M., Adeline, C., & Purba, H. (2021). Digitalisasi UMKM sebagai Langkah Mewujudkan Pemulihan dan Resiliensi Pelaku Usaha di Masa Pandemi. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, 1202–1206. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1228

Sundari, S., & Sulistyowarni, I. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM KULINER PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal MEBIS (Manajemen Dan Bisnis), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33005/mebis.v7i1.321

Tirtana, A., Zulkarnain, A., Kristanto, B. K., Suhendra, S., & Hamzah, M. A. (2020). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(2), 101. https://doi.org/10.32815/jitika.v14i2.473

Ummasyroh, U., Astarina, Y., Riana, D., Muharramah, U., & Africano, F. (2024). Business Development Through The Application Of Financial Technology (Digital Payment) In MSMEs. Asean International Journal of Business, 3(2), 169–181. https://doi.org/10.54099/aijb.v3i2.997

Xiao, L., & Zhang, Y. (2020). An analysis on the policy evolution of cross-border ecommerce industry in China from the perspective of sustainability. Electronic Commerce Research, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10660-020-09427-y

Yuwono, W., Juviyanty, J., & Nainggolan, F. (2023). THE PHENOMENON OF COMPULSIVE BUYING BEHAVIOR DUE TO THE RISE OF FINTECH LENDING AMONG INDONESIAN MILLENNIALS. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 10(3), 2030–2047. https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i3.53022

Downloads

Published

2024-12-29