Meta Analisis: Efektivitas Media E-Learning pada Materi Geometri
Keywords:
media e-learning, geometri, meta analisisAbstract
Media e-learning adalah media elektronik berbantuan internet yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika. Adapun salah satu materi pada pembelajaran matematika yang seringkali menggunakan media elektronik ialah materi geometri. Hal ini dikarenakan materi geometri memuat konsep abstrak yang memerlukan visualisasi interaktif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan media e-learning dalam hasil belajar peserta didik pada materi geometri yang dianalisis berdasarkan jenjang pendidikan dan wilayah penelitian, sehingga diperoleh suatu rangkuman melalui meta analisis. Penelitian meta analisis ini menganalisis 23 artikel penelitian dari dalam negeri yang terdiri dari jurnal, prosiding, dan skripsi yang membahas tentang penggunaan berbagai macam bentuk media e-learning dalam membantu pembelajaran materi geometri. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rerata effect size sebesar 0,97 yang termasuk dalam kategori effect size besar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-learning dalam membelajarkan materi geometri memberikan pengaruh yang positif dan signifikan.
References
Aryani, R., Nurdiana, A., & Pratama, E. P. (2021, Desember 13). Pengaruh Penggunaan Media E-learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI Semester Ganjil di SMA Negeri 2 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1-13. https://www.stkippgribl.ac.id/eskripsi/index.php/matematika/article/view/67
Bird, J., & Indriasari, R. (2002). Matematika Dasar : Teori dan Aplikasi Praktis. Jakarta: Erlangga.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 27-35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Jamil, A., Sa'dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom Berbantuan Animasi Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339-348. http://dx.doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1340
Lafendry, F. (2022). Implementasi ICT Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Tarbawi, 5(1), 41-53. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i1.316
Mandailina, V., Syaharudin, S., Pramita, D., Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021, Maret 2). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Education Science (IJES), 3(2), 120-129. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.955
Nurhanisah, Y. (2023, Oktober 3). Pengguna Internet Indonesia Paling Banyak Usia Berapa? Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia. Retrieved November 9, 2023, from https://www.indonesia.go.id/mediapublik/detail/2093
Pratnyawan, A. (2022, Juni 10). Tak Hanya Pekerja, Ibu Rumah Tangga dan Pelajar Mendominasi Penetrasi Internet Indonesia. Indonesia. Retrieved Desember 20, 2023, from https://www.hitekno.com/internet/2022/06/10/143618/
Retnawati, H., Apino, E., Djidu, H., & Kartianom. (2018). Pengantar Analisis Meta. Yogyakarta, Indonesia: Parama Publishing.
Rhilmanidar, Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software Geogebra pada Materi Bangun Datar Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 142-155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915
Riswandha, S. H., & Sumardi. (2020, April). Komunikasi Matematika, Persepsi Pada Mata Pelajaran Matematika, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84-93. https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.1208
Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-Learning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Yogyakarta: CV Andi Offset. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=xwMOEAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PR2#v=onepage&q&f=false
Safitri, N. A., & Adistana, G. A. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan : Studi Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4021-4031. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1503
Sari, R. M., & Roesdiana, L. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Geometri. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 209-214. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4253
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima. Retrieved November 9, 2023, from https://books.google.co.id/books?id=yqHAwAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false
Susilawati, E. (2022, Maret). Efektivitas Penggunaan Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Dengan Memanfaatkan Software Geogebra Pada Mahasiswa STKIP Budidaya Binjai. Jurnal Serunai Matematika, 14(1), 6-14. https://doi.org/10.37755/jsm.v14i1.556
Ulinhua, R., Rochmad, & Waluya, B. (2021). Blended Learning Menggunakan Gnomio Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 10(1), 20-25. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Ummi, A., Dewi, A. S., Rahmawati, A., & Wahidayani, S. (2023, Juni). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 264-272. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/index
Yati, R. (2023, Maret 8). Survei APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia. Retrieved November 12, 2023, from https://teknologi.bisnis.com/read/20230308/101/1635219/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.