Penerapan Pendekatan PMR dalam Memodelkan dan Menyelesaikan Permasalahan Kontekstual Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Devi Nikmattur Rochmah Mahasiswa
  • Dini Fayza Cahyaputri
  • Della Renaningtyas
  • Dewi Hamidah

Keywords:

Aljabar, LKPD, Pemodelan matematika, PMR

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa dalam memodelkan dan penyelesaian permasalahan kontekstual pada materi menyederhanakan bentuk Aljabar dengan pendekatan PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) dengan berbantuan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang terdiri dari dua permasalahan kontekstual berbentuk soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa les privat kelas VII SMP yang berjumlah 8 siswa. Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh siswa mampu memodelkan masalah kontekstual pada permasalahan 1 dan 2 dengan benar. Namun pada permasalahan pertama, terdapat 1 siswa yang kurang teliti dalam melakukan perhitungan sehingga memperoleh jawaban yang salah,  sedangkan pada permasalahan kedua, terdapat juga  4 siswa diantaranya yang kurang teliti dalam menyimpulkan hasil akhir yang dimaksudkan dalam soal. Selain itu, juga terdapat 2 siswa yang mampu memodelkan permasalahan ke dalam bentuk matematika dengan perhitungan yang tepat dan melalui ide dan pemikiran mereka sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan PMR (Pembelajaran Matematika Realistik) dengan berbantuan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dapat mendukung siswa dalam menemukan sendiri pemodelan matematika dengan pemikiran mereka sendiri. Hal ini dikarenakan penelitian ini diujikan kepada siswa yang belum pernah mempelajari materi menyederhanakan bentuk aljabar.

References

Agusta, E. S. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. 2(2), 145–165.

Agustianti Fuad, N., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kesalahan Pada Proses Matematisasi Horizontal Dan Vertikal Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 85. https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191 https://doi.org/10.33087/phi.v6i1.191

Bin Frans Resi, B. (2021). Proses Matematisasi Yang Dilakukan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Pemodelan Persamaan Kuadrat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 263–275.

Eliza, W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (RME) Pada Materi Segiempat. 12–13.

Fiyah, M., & Shodikin, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Membuat Pemodelan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 1–6.

Frans Resi Bin Bernadus. (2021). Proses Matematisasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear. Jurnal PenelitianPendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 1–8.

Gistituati, N., Fitria, Y., Zikri, A., & Dasar, D. P. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathemathics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Matematika SD. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209.

Hamidah. (2022). Pemahaman konsep perbandingan senilai dan berbalik nilai melalui pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia pada siswa smp. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT) 2022, 78–86.

Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72–77.

Jupri, A. (2018). Pendidikan matematika realistik: Sejarah, teori, dan implementasinya. Jurnal Pendidikan Matematika, 43(March), 1–9.

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.

Mubarokah, I., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memodelkan Matematika Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600.

Nur’Afifah, N. A. (2022). Penerapan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V SD dalam Memodelkan Soal Cerita Matematika. Journal on Education, 05(01), 1356–1371.

Sadriah, Etika Khaerunnisa, & Syamsuri, S. (2023). Kesulitan Proses Matematisasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1487–1499.

Simanullang, D. S., & Panjaitan, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Melalui Pembelajaran RME Terhadap Penalaran Matematis Pada Materi Segitiga San Segiempat Di SMPN 1 Tigalangga. Jornal of Comprehensive Science, 1(4), 2962–4738.

Yudhi, P. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja siswa berbasis realistics mathematics education (RME) pada materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Menara Ilmu, 11(74), 144–149.

Downloads

Published

11-05-2024

How to Cite

Devi Nikmattur Rochmah, Dini Fayza Cahyaputri, Della Renaningtyas, & Dewi Hamidah. (2024). Penerapan Pendekatan PMR dalam Memodelkan dan Menyelesaikan Permasalahan Kontekstual Aljabar pada Siswa Kelas VII SMP . Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 62–75. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1311