Pengembangan Media Busy Book Bang Rusid (Bangun Ruang Sisi Datar) untuk Peserta Didik Kelas VIII

Authors

  • Achmad Firmansyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Dwi Muallifah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nurul Ilmi Badrud Dhujjah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Dimas Femy Sasongko Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Mutiara Arlisyah Putri Utami Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

media pembelajaran, bussy book , assure

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berupa Busy Book Bang RuSiD (Bangun Ruang Sisi Datar) untuk peserta didik kelas VIII. Media pembelajaran ini diterapkan di SMP Islam Sabilurrosyad Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE. Dalam penelitian ini augmentasi data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian. Hasil penilaian validasi media pembelajaran  sebesar 87%.  Penilaian oleh ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 75,3%. Persentase penilaian oleh praktisi pembelajaran sebesar 93%, serta penilaian praktikalitas pada saat uji coba memperoleh persentase sebesar 92%. Data tersebut menunjukkan bahwa media Busy Book Bang RuSiD (Bangun Ruang Sisi Datar) yang dikembangkan valid dan sudah praktis untuk digunakan oleh peserta didik kelas VIII di SMP Islam Sabilurrosyad Malang.

References

Rohim, A., & Asmana, A. T. (2023). Pengembangan Media Roka'at (Roda Akar dan Pangkat) untuk Meningkatkan Kemampuan Reversible Thinking Matematis Siswa. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 111-123.

Aida, A. N. (2023). Pengembangan media pembelajaran “BOOMAT”(Busy Book Tematik) tema 6 merawat hewan dan tumbuhan pada siswa Kelas II MIN 1 Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Cet. 1. edited by S. Ibad. Jakarta: Gaung Persada Press.

Dini, J. P. A. U. (2022). Pengembangan Media Busy Book dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719-727.

Indaryanti, I., Susanti, E., Aisyah, N., & Scristia, S. (2019). Analisis kesesuaian indikator terhadap kompetensi dasar pada pelajaran Matematika oleh guru sekolah menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103-109. doi: 10.31629/jg.v4i2.1429.

Khairunnisa, Zahratun. (2023). Pengembangan Media Busy Book Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas II MI At-Taqwa Bondowoso SKRIPSI

Lamote, H. (2017). Kesulitan-kesulitan guru matematika dalam melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah DDI Labibia. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 55-72.

Faizah, S. N., Munadzifah, L., & Khairiyah, U. (2021). Pengembangan media pop-up book pada materi bangun datar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(2), 132-137.

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.

Pramesti, J. (2015). Pengembangan media pop-up book tema peristiwa untuk kelas III SD. Basic Education, 4(16).

Pribadi, Benny A. (2011). Model Assure Untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Pertama. edited by Anisa Kurnia. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Santoso, P. (2019). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Model Assure Untuk Membantu Guru Dalam Pembelajaran Fisika Tentang Alat Ukur Listrik. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(2), 235-248.

Yuwono, T., Ningrum, A. D. I., & Susilo, D. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis discovery learning membuktikan luas dan keliling lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 479-490.

Downloads

Published

11-05-2024

How to Cite

Firmansyah, A., Muallifah, D., Dhujjah, N. I. B., Sasongko, D. F., & Utami, M. A. P. (2024). Pengembangan Media Busy Book Bang Rusid (Bangun Ruang Sisi Datar) untuk Peserta Didik Kelas VIII. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 13–25. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1641