Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi dengan Model STAD pada Materi Bangun Ruang Kelas VII
Keywords:
Modul ajar, berdiferensiasi, kooperatif STAD, bangun ruangAbstract
Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan kepada guru dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas, sehingga dalam implementasinya kurikulum merdeka dapat diwujudkan menjadi pembelajaran yang berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul terbuka berdiferensiasi dengan model Student Teams Achivement Division (STAD) yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di MTs. Ma'arif NU Assa'adah II dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A MTs. Ma'arif NU Assa'adah II. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar analisis awal yakni angket respon peserta didik pada pembelajaran matematika dan pedoman wawancara, lembar validasi, angket respon gru dan angket respon siswa. Berdasrkan hasil penelitian, modul terbuka berdiferensiasi yang telah dikembangkan memperoleh skor rata-rata kevalidan 3,8 dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dengan skor rata-rata 3,8 dan angket respon peserta didik dengan skor rata-rata 2,7 dengan kategori praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul ajar berdiferensiasi memenuhi kriteria valid dan praktis serta dapat digunkan dalam pembelajaran matematika.
References
Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 71–82. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.3930
Azni, T. N., & Jailani, J. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran trigonometri berbasis strategi pembelajaran inkuiri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 284–295. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7347
Hidayati, N., & Istiati, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(3), 178–185.
Kemendikbud. (2023a). KENALI KURIKULUM MERDEKA, TINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Kemendikbud. (2023b). KURIKULUM MERDEKA. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka
Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis STEM-PBL Pada Materi Statistika Yeva Kurniawati 1 , Sholikatul Ummah 2 ,. 48–62.
Maharani, P. P. D., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mtematika Peserta Didik di Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Kuta Utara. PROSIDING SENAMA PGRI, 2, 13–18. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/413%0Ahttps://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/download/413/461
Mana, F., Astuti, & Marita. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODUL PADA MATERI SPLDV UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. JUWARA: Jurnal Wawasan dan Aksara, 1(2), 117–127.
Maulidiah, T. (2018). Pengembangan Modul Bahasa Dan Sastra Indonesia Di SMK kelas X Dengan Model Kooperatif Tipe STAD. MEDIA DIDAKTIKA, 4(2), 127–134.
Nisa’, R., & Sholihah, M. (2022). Pengembangan Modul Ajar Program Sekolah Penggerak Berbasis Problem Based Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(4), 719–732. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7199
Novi, E., Siloto, T., Hutauruk, A., & Juliardi, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 04(02), 194–209. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. MAJU, 7(1), 98–102.
Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Badruddin. (2018). MODUL MATEMATIKA BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE STAD lantaran mengikuti perkembangan zaman , teknologi , dan budaya masyarakat . Didalam Pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa tujuan membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah untuk mencerdaskan kehid. LENTERA PENDIDIKAN, c, 23–32.
Rahmadhani, P., Widya, D., & Setiawati, M. (2022). Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 41–49. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.321
Rismayanti, R., Ramdhani, S., & Aisah, A. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). TRIPLE S (Journals of Mathematics Education), 5(1), 54–63.
Romlah, & Suciptaningsih, O. A. (2023). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFFRERENSIASI PADA KELAS ISEKOLAH DASAR BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. JKPI: Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 295–303.
Setiana, D. S., & Nuryadi. (2020). Kajian Kurikulum Sekolah Dasar dan Menengah. GRAMASURYA. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/8920/
Sholihah, N., & Retnawati, H. (2019). Perangkat pembelajaran problem-based learning dalam learning cycle 5E berorientasi pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 211–223. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.27771
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.