Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Menunjang Literasi Matematika
Keywords:
asesmen, HOTS, literasiAbstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh instrumen asesmen berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang valid dan layak digunakan. Instrumen asesmen ini berisi soal HOTS dan rubrik penilaian. Selain itu, instrumen asesmen ini dikembangkan untuk siswa tingkat menengah yaitu SMP/MTS. Metode penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan research and development Borg & Gall dimana terdiri dari beberapa tahapan diantaranya observasi awal, pengembangan dari produk, serta uji coba produk. Draf hasil pengembangan kemudian divalidasi oleh dua orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil rata-rata dua validator menunjukkan kriteria sangat valid dan valid. Hal ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen berbasis HOTS dapat menunjang literasi matematika siswa
References
Arifin, S., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2021). On Creativity through Mathematization in Solving Non-Routine Problems. Journal on Mathematics Education, 12(2), 313-330.H. Dinni.(2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 1, pp. 170–176.
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis rme materi aljabar kelas vii smp. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. Muhtadi, D. & Rochmad, R. (2021). Bahasa Matematis dalam Penentuan Waktu Siang - Malam menurut Tradisi Sunda. Plusminus J. Pendidik. Mat., 1(2), 263–274. doi: 10.31980/plusminus.v1i2.1221.
Cahyadi, M. R., Darmayanti, R., Muhammad, I., & Sugianto, R. (2023). Rubrik Penilaian Tes Esai dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 37-43.
Djupanda, H., Kendek, Y., & Darmadi, I. W. (2015). Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 29-34.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.
Istiandaru, A. (2014). PBL pendekatan realistik saintifik dan asesmen pisa untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2).
KBBI. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kemdikbud
Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional.
Mulia, R. A., & Saputra, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi yang mempengaruhi return saham. Jurnal El-Riyasah, 11(1), 80-92.
Poernomo, E., Kurniawati, L., & Atiqoh, K. S. N. (2021). Studi literasi matematis. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 83-100. doi: 10.15408/ajme.v3i1.20479.
Prasetyo, K., Masrukan, M., & Sunawan, S. (2019). The development of mathematical literation instruments based on class IV geometry material conservation. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 8(1), 1-13. doi: 10.15294/jere.v8i1.28261.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894-908.
Rahmatulloh, R. I., Kentjonowaty, I., & Puspitarini, O. R. (2022). Pengaruh Substitusi Sari Buah Rambutan Binjai (Nephilium lappaceum) terhadap Ph dan Total Bakteri Asam Laktat Yoghurt Susu Kambing. Dinamika Rekasatwa: Jurnal Ilmiah (e-Journal), 5(02).
Sa'dijah, C., Murtafiah, W., Anwar, L., Nurhakiki, R., & Cahyowati, E. T. D. (2021). Teaching higher order thinking skills in mathematics classrooms: Gender differences. Journal on Mathematics Education, 12(1), 159-180.
Saraswati, P. M. S. & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. J. Ilm. Sekol. Dasar, 4(2), 257. doi: 10.23887/jisd.v4i2.25336.
Siallagan, F., Tambunan, L. O., & Sidabutar, R. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP Negeri 2 Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 8990-9004.
Syaifuddin, M. (2022). Minimum competency assessment to measure mathematical literacy of junior high school students. Journal of Education Research and Evaluation, 6(2), 316-326. doi: 10.23887/jere.v6i2.46263.
Zamzam, K. F., Sa'dijah, C., & Rahardi, R. (2023). The Creative Thinking Process of Prospective Teachers in Developing Assignments. Journal of Higher Education Theory & Practice, 23(1).
Zamzam, K. F., & Wijayanti, R. (2022). Karakteristik Tingkat Kreativitas Mahasiswa Calon Guru dalam Memodifikasi Tugas Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 129-139.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.