Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen

Authors

  • Melinda Tangkoro Universitas Negeri Manado
  • Jorry Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • Marvel G. Maukar Universitas Negeri Manado

Keywords:

kesulitan siswa, eksponen, pemecahan masalah

Abstract

Penyelesaian soal-soal matematika terutama pada materi eksponen membutuhkan penalaran dan strategi pemecahan masalah yang baik. Namun, siswa terkadang kesulitan dan melakukan berbagai kesalahan dalam penyelesaiannya. Penelitian ini berfokus pada pendeskripsian kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal eksponen. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-D SMA Negeri 1 Remboken yang telah dipilih berdasarkan tujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan siswa dalam memahami konsep adalah 18,75% dan tergolong rendah. Sedangkan persentase kesulitan keterampilan adalah 9,82% dan tergolong sangat rendah. Kemudian untuk kesulitan pemecahan masalah sebesar 43,75%  dan tergolong cukup tinggi dalam klasifikasi kesulitan yang dialami siswa.

References

Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah, 19(2), 133-151.

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123-133.

Ansori, M., Wamiliana, W., Nurvazly, D. E., & Chasanah, S. L. (2023). Pelatihan Penguasaan dan Pemahaman Materi Olimpiade Matematika Bagi Siswa dan Guru SMAN 13 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 4(3), 147-154.

Asmina, N. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen pada kelas X MIA 1 SMAN 3 Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Siswa Kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61-70.

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 17-26.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Gunawan, M. S., & Fitra, D. (2021). Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Eksponen Dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257-268.

Judijanto, L., Manu, C. M. A., Sitopu, J. W., Mangelep, N. O., & Hardiansyah, A. (2024). The Impact Of Mathematics In Science And Technology Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 451-458.

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25.

Junaidi, J., Zalisman, Z., Yusri, Y., Amin, K., & Wismanto, W. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan Islam. Journal On Education, 5(3), 10040-10052.

Junengsih, J., & Sutirna, S. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal pada materi Eksponen. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 28-32.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40-48.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4(7), 451-466.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan aplikasi geogebra. Mosharafa, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., & Ngadiorejo, H. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666-1677.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). OPTIMIZATION OF VISUAL-SPATIAL ABILITIES FOR PRIMARY SCHOOL TEACHERS THROUGH INDONESIAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION WORKSHOP. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.

Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability And Problem-Solving Ability With Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.

Mangelep, N. O., Pinontoan, K. F., Runtu, P. V., Kumesan, S., & Tiwow, D. N. (2023). DEVELOPMENT OF NUMERACY QUESTIONS BASED ON LOCAL WISDOM OF SOUTH MINAHASA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 80-88.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Maryati, I. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pola bilangan di kelas vii sekolah menengah pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. R. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa smp kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385-392.

Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 8(1), 31-49.

Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. (2019). Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 1214-1223.

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66-74.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., & Ghufron, S. (2021). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa sekolah dasar. Jurnal BASICEDU: Journal of Elementary Education, 5(5), 3260-3269.

Samaduri, A. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Beralasan Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 109-120.

Sihombing, F. R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Kelas VIII MTs Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110.

Sunhaji, S. (2014). Konsep manajemen kelas dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 2(2), 30-46.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 2(2), 73-79.

Tae, L. F., Ramdani, Z., & Shidiq, G. A. (2019). Analisis tematik faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam pembelajaran sains. Indonesian Journal of Educational Assessment-Vol, 2(1).

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis teknik penilaian sikap sosial siswa dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).

Yuliana, E. (2015). Pengembangan Soal Open Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) (pp. 165-172).

Downloads

Published

11-05-2024

How to Cite

Tangkoro, M., Monoarfa, J., & Maukar, M. G. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 48–61. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1731