Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segi Empat Berbasis Problem-Based Learning

Authors

  • Meindah Maria Theresia Supu Universitas Negeri Manado
  • Victor R. Sulangi Universitas Negeri Manado
  • Rosiah J. Pulukadang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, segi empat, problem based learning

Abstract

Pemanfaatan metode pembelajaran yang didasarkan pada tantangan kehidupan nyata dapat meningkatkan kreativitas, prestasi, dan minat belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi segi empat berbasis Problem-Based Learning yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan paradigma pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan menjalani validasi menggunakan lembar validasi oleh dua orang dosen dan satu orang guru. Umpan balik siswa dan guru dikumpulkan melalui kuesioner, dan tes hasil belajar dilakukan untuk menilai keefektifan prototipe yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototipe yang dihasilkan dengan pendekatan Problem-Based Learning valid dan efektif serta praktis dalam penggunaannya.

References

Almasri, M. N. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam. Kutubkhanah, 19(2), 133-151.

Asepta, U. Y., & Maruno, S. H. P. (2017). Analisis pengaruh work-life balance dan pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Telkomsel, TBK Branch Malang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 77-85.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Dirgantoro, K. P. S. (2019). Analisis kesulitan mahasiswa PGSD pada mata kuliah geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 13-26.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi (JUPEK), 2(1), 13-22.

Intisari, I. (2017). Persepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(01).

Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video Siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).

Judijanto, L., Manu, C. M. A., Sitopu, J. W., Mangelep, N. O., & Hardiansyah, A. (2024). The Impact of Mathematics in Science and Technology Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 451-458.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01).

Latif, N. S., & Maros, M. K. (2020). Matematika Sebagai Ratu dan Pelayan Ilmu serta Matematika Sebagai Bahasa. Jurnal Mitra Manajemen, 1-27.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4(7), 451-466.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan aplikasi geogebra. Mosharafa, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., & Ngadiorejo, H. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666-1677.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). Optimization of Visual-Spatial Abilities for Primary School Teachers Through Indonesian Realistic Mathematics Education Workshop. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.

Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability And Problem-Solving Ability With Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.

Mangelep, N. O., Pinontoan, K. F., Runtu, P. V., Kumesan, S., & Tiwow, D. N. (2023). Development of Numeracy Questions Based on Local Wisdom of South Minahasa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 80-88.

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: jurnal pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138.

Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(1), 1-13.

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140.

Sholihah, E., Supardi, A., & Hilmi, I. (2022). Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 3(1), 33-42.

Trisnawati, W., Lubis, E., & Qurniati, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi (Microsoft Word dan Power Point) di SDN 31 Rejang Lebong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 1(5), 8-14.

Widyatiningtyas, R., Sritumini, B. A., & Rohartati, S. (2021). Pembuatan Alat Tes Kemampuan Berpikir Kreatif Bagi Guru SMP Kemala Bhayangkari Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 3(1), 52-56.

Zubaidah, S. (2019, September). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).

Downloads

Published

24-07-2024

How to Cite

Supu, M. M. T., Sulangi, V. R., & Pulukadang, R. J. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segi Empat Berbasis Problem-Based Learning . Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 92–104. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1732