Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Geometri di SMP Negeri 2 Manado

Authors

  • Melisa Martatiana Mulete Universitas Negeri Manado
  • Jorry Monoarfa Universitas Negeri Manado
  • James U. L. Mangobi Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, Geometri, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tipe R&D yang dipakai untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis android pada materi geometri di SMP Negeri 2 Manado. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah “planing and producing media” dengan 4 langkah atau tahapan yaitu persiapan, perancangan, implementasi dan uji coba. Hasil penilaian terhadap produk media pembelajaran oleh validator media menunjukkan tingkat pencapaian 90% sehingga memperoleh kualifikasi baik (layak). Kemudian untuk hasil penilaian produk media pembelajaran oleh validator materi menunjukkan tingkat pencapaian 88% sehingga memperoleh kualifikasi baik (layak). Sedangkan untuk uji coba di lapangan diperoleh hasil 85,26% untuk respons dari guru dan 89,31% untuk respons dari siswa sehingga berdasarkan kualifikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran pada materi geometri di SMP.

References

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33-48.

Fazriyah, N., Saraswati, A., Permana, J., & Indriani, R. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Media Dan Sumber Pembelajaran SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 139-147.

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Fitri Mulyani, N. H. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.

Imania, K. A. N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 5(1), 31-47.

Indriyani, L. (2019, May). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 17-26).

Judijanto, L., Manu, C. M. A., Sitopu, J. W., Mangelep, N. O., & Hardiansyah, A. (2024). The Impact Of Mathematics In Science And Technology Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 451-458.

Mangelep, N. (2013). Pengembangan Soal Matematika Pada Kompetensi Proses Koneksi dan Refleksi PISA. Jurnal Edukasi Matematika, 4(7), 451-466.

Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Menggunakan Pendekatan PMRI Dan Aplikasi Geogebra. Mosharafa, 6(2), 193-200.

Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., & Ngadiorejo, H. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666-1677.

Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). Optimization Of Visual-Spatial Abilities For Primary School Teachers Through Indonesian Realistic Mathematics Education Workshop. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.

Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability And Problem-Solving Ability With Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.

Mangelep, N. O., Pinontoan, K. F., Runtu, P. V., Kumesan, S., & Tiwow, D. N. (2023). Development Of Numeracy Questions Based On Local Wisdom Of South Minahasa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 80-88.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100.

Mudlofir dan Fatimatur. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104).

Nurkamilah, S., & Muthmainnah, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Guru Biologi Tersertifikasi. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 172-183.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Prasetyo, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Untuk Siswa SD/MI. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(1).

Rahardja, U. (2023). Penerapan Teknologi Blockchain Dalam Pendidikan Kooperatif Berbasis E-Portfolio. Technomedia Journal, 7(3 Februari), 354-363.

Raup, A., Ridwan, W., Khoeriyah, Y., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Deep Learning dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3258-3267.

Sundayana. 2015. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1).

Yallah, S. O. R., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart App Creator3 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK N 1 Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1244-1255.

Downloads

Published

11-05-2024

How to Cite

Mulete, M. M., Monoarfa, J., & Mangobi, J. U. L. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Geometri di SMP Negeri 2 Manado. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 35–47. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1735