Analisis Prinsip Belajar Matematika Materi Translasi Titik di SMA Muhammadiyah 1 Jombang Kelas XI IPS

10-20

Authors

  • Silvana Zahra Salsabila mahasiswa
  • Adelia Salsabilla
  • Dewi Fajar Nur Kumala Sari
  • Mohammad Syafiqur Rohman
  • Jauhara Dian Nurul Iffah

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.225

Keywords:

Prinsip Belajar, Proses Pembelajaran Matematika

Abstract

Pendidikan di Indonesia tidak dapat lepas dari peran seorang guru, selain bertugas untuk mentransfer ilmu juga bertugas untuk membentuk karakter siswa agar dapat dikatakan layak menjadi penerus masa depan. Mutu di bidang pendidikan mengacu pada proses dan hasil pendidikan itu sendiri. Proses pendidikan melibatkan berbagai input, berupa bahan ajar, metodologi, sarana, dan prasarana, dukungan administrasi, lingkungan kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip belajar dalam materi transformasi geometri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk mengamati prinsip pembelajaran materi translasi titik di SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Dalam Penelitian ini instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara Subyek pada penelitian ini adalah guru matematika SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Hasil penelitian ini adalah penerapan prinsip pembelajaran dimana guru telah memberi perhatian dan motivasi kepada siswa sehingga muncul keaktifan pada saat proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh keterlibatan langsung siswa di dalam kelas seperti kemauan belajar, bertanya dan menjawab soal. Selain itu, guru juga terlihat memberikan pengulangan dan tantangan kepada siswa yang kemudian di akhiri dengan balikan dan penguatan yang akan menjadi akhir dari proses pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Jombang.

References

Slameto, H. R. Elvira, and I. Solekhah, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SD,” J. Didakt. Dwija Indria, vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2018.

Dimyati and Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. 2009.

Sudjana, Proses Dan Hasil Belajar. 2010.

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, and N. H, Belajar Dan Pembelajaran. 2019.

A. A. Muis, “Prinsip-prinsip Belajar Dan Pembelajaran,” Istiqra J. Pendidik. dan Pemikir. Islam, vol. I, no. 1, pp. 29–30, 2013.

J. D. N. Iffah, G. Nugraheni, H. N. J. Ramadhan, and A. Angelina, “Analisis Prinsip Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas XII SMA Bandarkedungmulyo,” Laplace J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 177–189, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unipar.ac.id/index.php/Laplace/article/view/718

Wahyudi and Kriswandi, Pengembangan Pembelajaran Matematika. 2013. [Online]. Available: https://123dok.com/document/zw5vexvz-book-wahyudi-kriswandani-pengembangan-pembelajaran-matematika-sd-cover.html

Budiningsih, “Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme),” Al-Hikmah J. Agama dan Ilmu Pengetah., vol. 13, no. 1, pp. 71–81, 2005, doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1512.

Downloads

Published

02-06-2023

How to Cite

Salsabila, S. Z., Salsabilla, A., Sari, D. F. N. K., Rohman, M. S., & Iffah, J. D. N. (2023). Analisis Prinsip Belajar Matematika Materi Translasi Titik di SMA Muhammadiyah 1 Jombang Kelas XI IPS: 10-20. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 10–20. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.225