Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Peserta Didik dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Salwa Sausan Universitas Islam Sumatera Utara
  • Rika Kartika Universitas Islam Sumatera Utara
  • Susanna Ronaria Harahap SMA Negeri 5 Medan

Keywords:

Berpikir Komputasi, Responsif Budaya, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melatih peserta didik menerapkan berpikir komputasi dalam pembelajaran fungsi matematika yang terintegrasi budaya (CRT) melalui model Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yang terdiri dari peserta didik kelas XI-3 di SMA Negeri 5 Medan. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang terintegrasi dengan Culturally Responsive Teaching (CRT) diterapkan dalam beberapa sesi pembelajaran. Peserta didik diberikan masalah-masalah yang berhubungan dengan konteks budaya lokal, Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi aspek kemampuan berpikir komputasi, observasi, dan wawancara. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pendekatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konsep fungsi matematika, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir komputasi mereka. Materi yang disampaikan relevan dengan kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik menjadi lebih termotivasi dan antusias dalam belajar. Selain itu, integrasi budaya dalam pembelajaran juga memperkuat identitas budaya peserta didik dan membuat mereka lebih menghargai warisan budaya Indonesia.

References

Apriani, F. &. (2024). (2024). Dampak kurangnya praktik dalam pelajaran matematika: Pentingnya latihan terstruktur bagi pemahaman konsep matematika. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-49. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 40-49.

Asmawati, A. &. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di UPT SPF SMP Negeri 13 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 800-806.

Bahri, A. P. (2018). PBL dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah biologi. SAINSMAT" Jurnal Sains, Matematika, dan Pembelajarannya, 114-124.

Beswick, K. (2005). Preservice Teachers' Understanding of Relational and Instrumental Understanding. Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2,, (hal. 161-168).

Cahdriyana, R. A. (2020). Berpikir komputasi dalam pembelajaran matematika. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 50-56.

Darmawan, D. (2019b). PTK 2. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-8 Press/Freudenthal Institute.

Juldial, T. U. (2024). Analisis keterampilan berpikir komputasional dalam proses pembelajaran. Jurnal Basicedu, 136-144.

Sari, A. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Pada Mata Pelajaran Kimia TA 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 110-118.

Siahaan, B. W. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED DI SMP NEGERI 3 MEDAN TA 2017/2018. Doctoral dissertation, UNIMED.

Susilo, H. C. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Downloads

Published

11-12-2024

How to Cite

Sausan, S., Kartika, R., & Harahap, S. R. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Peserta Didik dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran Matematika . Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 115–124. Retrieved from http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/2377