Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Flipbook terhadap Literasi Matematis Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat
Keywords:
Problem Based Learning, kemampuan literasi matematis, flipbookAbstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan flipbook terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Quasi Experimental Design (eksperimen semu) dengan jenis penelitian Posttest Only Control Design. ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Semarang. Pada penelitian menggunakan teknik cluster random sampling dimana dari sembilan kelas populasi diambil dua kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas X-4 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas ekperimen dan kelas kelas X-6 yang berjumlah 35 anak sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan melalui perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan belajar, dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai signifikansi pada uji t satu sampel adalah 0,000 yang artinya model PBL berbantuan flipbook mencapai ketuntasan individual dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,24%. Selain itu, dengan menggunakan uji t dua sampel diperoleh nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen yaitu 85,18 dan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol yaitu 79,94 sehingga kemampuan literasi matematis siswa yang diterapkan model PBL berbantuan flipbook lebih baik dibandingkan dengan yang diterapkan model PBL. Oleh karena itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan flipbook dikatakan efektif.
References
Alfan Rosidi, A., Nimah, M., & Rahayu, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682
Annisa Indrawati, F. (2019). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Literasi Matematika dan Pembentukan Kemampuan 4C. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2. PRISMA, 2, 247–267. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics , 3(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Aryani, A., Fuadah, D. S., Sitompul, M., & Izzati, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pencacahan dengan Menggunakan Model Pembelajaran Gagne dan Briggs Berbasis Flip Book Di SMKS Pertiwi Kelas XI Kecamatan Pasar Rebo Jakarta Timur. Trigonometri: Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1 No 2.
Astuti, R., Nuvitalia, D., & Prima Artharina, F. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Di SDN Sambirejo 02 Semarang. Journal Of Social Science Research, 3, 136–148.
Farah, K., Yumnanika, H., & Waluyo, M. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Menyelesaikan Soal PISA Berbasis Etnomatematika Gambang. 5(1). https://doi.org/10.38035/jmpis
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kuncoro, S. J., & Fitrianawati, M. (2023). Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Kontekstual. Jurnal Genesis Indonesia, 2(03), 103–113. https://doi.org/10.56741/jgi.v2i03.228
Muslimah, I. R., & Ladyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi untuk Siswa Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 8(No.2). https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17408
Rodhi. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Minat Siswa pada Materi Tranformasi. JPK: Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 167–177.
Roemintoyo, & Kamil Budiarto, M. (2021). Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning. In Journal of Education Technology (Vol. 1, Issue 1).
Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4341–4350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548
Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715
Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1002
Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002
Sriwahyuni, A., Rahmatudin, J., & Hidayat, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 1. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dm
Waliulu, Y. S., & Palembang, C. F. (2022). Penerapan Perangkat Pembelajaran E-Modul Berbasis Flipbook Teori Komunikasi Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. AKSIOLOGI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2).
Wicaksana, Y., Ridlo, S., Padma Boulevard Selatan Blok, J. F., & Padma, G. (2017). Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Schoology. UJMER, 6(2), 167–174. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.