Penerapan Preferensi Gaya Belajar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Siswa XI
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.253Keywords:
Pemahaman Konsep; Preferensi Gaya BelajarAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh materi perkalian matriks yang tidak mudah dipahami oleh siswa kelas XI, padahal pemahaman konsep perkalian matriks sangat diperlukan untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu invers matriks. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pembelajaran dengan menerapkan preferensi gaya belajar dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI terhadap konsep perkalian matriks 2) Bagaimana pembelajaran dengan menerapkan preferensi gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI terhadap konsep perkalian matriks.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada konsep perkalian pada matriks Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Lumajang melalui penerapan preferensi gaya belajar. Penelitian terdiri dari tiga siklus dan dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Lumajang dengan jumlah siswa 34.
Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) pemahaman konsep siswa pada materi matriks meningkat dari 62,5 % pada siklus I, menjadi 75 % pada siklus II dan 87,5 % pada siklus ke III. 2) Ketuntasan hasil belajar meningkat dari 61,76 % pada siklus I, menjadi 76,47 % pada siklus II, dan 88,24 % pada siklus III. Dari kedua hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan preferensi gaya belajar mampu meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
References
Wahyudi. 2012. Matematika Realistik dan Imlementasinya dalam proses pembelajaran
matematika. Salatiga: UKSW
Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKI
Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah
Inklusif.
Setyawati, Y. 2018. Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Geometri
Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Girikerto Turi Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan
Kalijaga.
Laily, N.N. 2017. Optimalisasi Variasi Gaya Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPS Kelas VII Di SMPN 6 Malang. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.