Penerapan Preferensi Gaya Belajar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Siswa XI

Authors

  • Novi Agustiningrum SMA Negeri 2 Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.253

Keywords:

Pemahaman Konsep; Preferensi Gaya Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh materi perkalian matriks yang tidak mudah dipahami oleh siswa kelas XI, padahal pemahaman konsep perkalian matriks sangat diperlukan untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu invers matriks. Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pembelajaran dengan menerapkan preferensi gaya belajar dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI terhadap konsep perkalian matriks 2) Bagaimana pembelajaran dengan menerapkan preferensi gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI terhadap konsep perkalian matriks.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada konsep perkalian pada matriks Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Lumajang melalui penerapan preferensi gaya belajar. Penelitian terdiri dari tiga siklus dan dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Lumajang dengan jumlah siswa 34.
Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) pemahaman konsep siswa pada materi matriks meningkat dari 62,5 % pada siklus I, menjadi 75 % pada siklus II dan 87,5 % pada siklus ke III. 2) Ketuntasan hasil belajar meningkat dari 61,76 % pada siklus I, menjadi 76,47 % pada siklus II, dan 88,24 % pada siklus III. Dari kedua hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan preferensi gaya belajar mampu meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.

References

Wahyudi. 2012. Matematika Realistik dan Imlementasinya dalam proses pembelajaran

matematika. Salatiga: UKSW

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: IKI

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah

Inklusif.

Setyawati, Y. 2018. Pengaruh Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Geometri

Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Girikerto Turi Sleman. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan

Kalijaga.

Laily, N.N. 2017. Optimalisasi Variasi Gaya Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

IPS Kelas VII Di SMPN 6 Malang. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Downloads

Published

22-06-2023

How to Cite

Agustiningrum, N. (2023). Penerapan Preferensi Gaya Belajar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Matriks Siswa XI. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 21–29. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.253