E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.275Keywords:
e-modul, kontekstual, kemampuan numerasi.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan dan kelayakan e-modul matematika berbasis kontekstual untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi penilaian e-modul matematika oleh ahli untuk mengukur validitas, angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan, dan hasil tes evaluasi untuk mengukur keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Purworejo. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data validitas ahli, analisis data respon siswa dan guru, analisis data ketuntasan tes kemampuan numerasi. Hasil analisis data dari penilaian ahli terhadap e-modul yang dikembangkan sebesar 3,5 dengan kriteria valid, dari analisis data angket respon siswa sebesar 82,88% dan angket respon guru sebesar 75% dengan kriteria positif, dari hasil tes kemampuan numerasi siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 92,31% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul matematika ini dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.
References
Aliifah, S. (2020). Kajian Terhadap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Numerasi. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ekawati, A., & Wulandari, S. (2011). Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Sekolah Dasar). Jurnal Universitas Borneo Tarakan, 3(1).
Gondorini, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pengalaman dengan Pendekatan Whole Language dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas V. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Hammond, L. D. (2006). Constructing 21st-century Teacher Education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300-314.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hartatik, S. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32-42.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.
Martin, M., Syamsuri, S., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 72-87.
OECD. (2019). PISA 2015 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD Publishing.
Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi Pendekatan Kontekstual Berbantuan Hands on Activity (HOA) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-80.
Rachmawati. (2019). Pengembangan Model Literasi Informasi Berbasis Kolaborasi Guru dan Pustakawan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Eksplanasi pada Pembelajaran Tematik Integratif di SD Muhammadiyah Sapen. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sa’ud, U.S. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sholihah, S. M., Farida, N., & Rahmawati, D. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Kontekstual Disertai Nilai-nilai Islam pada Materi Barisan dan Deret. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 168-180.
TIMSS. (2019). TIMSS 2019 International Result in Mathematics. Boston College: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263-278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.