Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Berbantu Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.276Keywords:
media, pembelajaran berbasis web, GeoGebra, pemahaman konsep.Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan media pembelajaran matematika berbasis web berbantu GeoGebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli (materi dan media), lembar angket respon (siswa dan guru), dan soal tes pemahaman konsep. Subjek penelitian ini merupakan siswa SMP Negeri 20 Purworejo kelas VIII E. Teknik analisis data menggunakan analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Rata-rata hasil analisis kevalidan dari penilaian ahli sebesar 3,715 memenuhi kriteria valid. Analisis kepraktisan dari angket respon yang dijawab siswa dan guru memenuhi kriteria positif dengan persentase sebesar 81,64%. Analisis keefektifan tes pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan belajar sebesar 92,31% dan kemampuan pemahaman konsep sebesar 85,77% memenuhi kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai valid, praktis, dan efektif, serta mampu atau berpotensi meningkatkan pemahaman konsep siswa.
References
Addarojat, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website pada Materi Bilangan untuk Kelas VII SMP. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124-132.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.
Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.
Marufi, M. R., Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56-67.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197-203.
Oktaviyanthi, R., & Herman, T. (2016). A Delivery Mode Study: The Effect of Self-Paced Video Learning on First-Year College Students’ Achievement in Calculus.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.
Putri, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton Pada Gerak Benda. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif.
Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini Project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78–91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.