Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Aritmetika Sosial
Keywords:
culturally responsive teaching, koneksi matematis, aritmetika sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas di MTs Persis Benda, yaitu kelas VIIA yang terpilih menjadi kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pendekatan CRT dan VIIC menjadi kelompok kontrol yang diberikan perlakuan secara konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan koneksi matematis yang divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan koneksi matematis siswa. Rata-rata skor posttest kelompok eksperimen (80,70) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (70,50), dengan peningkatan rata-rata masing-masing sebesar 25,40 dan 15,70 poin. Analisis statistik menunjukkan nilai thitung = 5,43 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Nilai effect size sebesar 1,46 mengindikasikan bahwa pendekatan CRT memiliki efek yang besar terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CRT dapat menghubungkan konsep matematika dengan konteks budaya lokal, sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna. Disarankan agar guru matematika mengintegrasikan elemen budaya lokal dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa.
References
DAFTAR RUJUKAN
Arvianto, D. K., Purwati, H., Dina, T. I., & Semarang, S. M. P. N. (2024). Efektivitas Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. 8, 34595–34603.
Creswell, John W. 2014. Research Design. Singapore: SAGE Publications Asia-Fasific Pte, Ltd.
Mahendra, Y. M., Husamah, H., & Budiono, B. (2023). Improving Mathematical Connection Capability and Learning Outcomes Through Problem-Based Learning Model. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 9(1), 61. https://doi.org/10.30595/alphamath.v9i1.17308
Maulidawati, M., Muhammad, I., Rohantizani, R., & Mursalin, M. (2020). The Implementation of Make A Match Type Cooperative Learning Model to Improve the Mathematical Connection Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 952–960. https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i11.3319
Ramadhani, E. Y., & Kusuma, A. B. (2020). Application of CORE Learning to Improve Mathematical Connection Capabilities and Self-Efficacy. Mathematics Education Journal, 4(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v4i1.11470
Septian, A. (2022). Student’s mathematical connection ability through GeoGebra assisted project-based learning model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323
Sofia, L., & Amin, A. K. (n.d.). BARISAN DAN DERET menghubungkan pengalaman sehari-hari , bidang lain , dan materi dalam matematika. 120–133.
Tareq Ghifari, M. E. F. H. R. (2023). Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 134–150. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i2.10020
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wardana, J. W., Sugiyanti, Ariyanto, L., & Purwanto. (2024). Efektivitas Pendekatan Culturally Responsive Teachingberbantuan E-Lkpd Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4955–4965.
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.