Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbantuan Aplikasi Genially Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa
Keywords:
mobile learning, genially, penalaran matematisAbstract
Dalam perkembangan teknologi yang kian pesat diperlukan suatu sistem untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbantuan aplikasi genially guna mengoptimalkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh tanggapan dari pendidik dan peserta didik mengenai media pembelajaran tersebut serta mengevaluasi tingkat keefektivannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development serta menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan enam validator, terdiri dari tiga validator ahli materi dan tiga validator ahli media. Tahap implementasi (implementation) melibatkan 45 peserta didik yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kecil dengan 15 peserta didik dan kelompok besar dengan 30 peserta didik. Penilaian terhadap kemenarikan media pembelajaran dilakukan melalui angket respon peserta didik dan angket respon guru. Uji efektivitas media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran mobile learning berbantuan aplikasi genially dinilai menarik dan layak untuk digunakan. Kata Kunci: mobile learning, genially, penalaran matematis
References
Alfiani, M., Farida, & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-modul dengan Adobe Captivate Software pada Materi Matriks. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2020, 11. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/66
Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v2i1.2720
Danuri, D., & Nurjanah, E. (2022). E D U K A S I Pengembangan E-Modul Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Untuk. 14(2), 2579–4965.
Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25.
Nurmaningsih, N., & Wijaya, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKS) Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum Dan Efektivitasnya Terhadap Peraihan Konsep Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama NTB. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1592
Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254
Surahman, E. (2019). Integrated Mobile Learning System (Imoles) Sebagai Upaya Mewujudkan Masyarakat Pebelajar Unggul Era Digital. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 5(2), 50–56. https://doi.org/10.17977/um031v5i22019p050
Yolanda, A., Santa, & Sri Indriani, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Genially Pada Materi Norma Dalam Adat Istiadat Daerahku. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6246–6247.
Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101–109. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150
Ilmiah, A. J., & Madrasah, P. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFICATION MENGGUNAKAN WEBSITE GENIALLY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SDN MOJOPURNO 01 Taqiyyah Arifah Rajab Universitas PGRI Madiun Farida Huriawati Universitas PGRI Madiun Supadmiati SDN Mojopurno. 9(1), 338–350. https://doi.org/10.35931/am.v9i1.4008
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika [The importance of mathematical reasoning in improving mathematical literacy skills]. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Negeri, S. D., & Kelas, P. (2023). 1 , 2 , 3. 09(September), 572–580.
Rennie, F., & Smyth, K. (2024). Instructional design. In Digital Learning: The Key Concepts. https://doi.org/10.4324/9780429425240-105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.