Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Saidatun Nisak Universitas Syiah Kuala
  • Bintang Zaura Universitas Syiah Kuala
  • Dewi Annisa Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.289

Abstract

Salah satu kemampuan matematis yang sangat penting dan perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika ialah Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM). Hal ini untuk membantu pembelajaran siswa mengenai konsep matematika untuk menggambarkan suatu keadaan, melukis, memberikan laporan, menggunakan objek, dan penjelasan secara lisan maupun tulisan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran matematika terhadap KKM masih rendah. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang memiliki kemampuan untuk merumuskan ide sendiri dan kurangnya keberanian yang dimiliki siswa untuk menyampaikan pendapat kepada orang lain. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui KKM siswa setelah belajar dengan menerapkan model Active Knowledge Sharing  dan konvensional di SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Metode yang digunakan ialah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui desain pretest-posttest-control-group-design. Seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Montasik Aceh Besar merupakan populasi penelitian dengan sampel dua kelas  yang dipilih secara simple random sampling, di mana siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes KKM dengan uji-t sebagai formula analisisnya pada taraf signifikansi 5% setelah persyaratan pengujian terpenuhi. Hasil penelitian diperoleh bahwa KKM siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran  Active Knowledge Sharing lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran secara konvensional di SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Penerapan model pembelajaran  Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran matematika telah terbukti dapat mempengaruhi KKM siswa menjadi lebih baik dan dapat menjadi salah satu acuan tentang praktik baik model pembelajaran  Active Knowledge Sharing terhadap KKM siswa.

References

Asfar, A. M. I. A., Ahmad, M. A & Anshari. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing and Intelectually untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills. Bandung: Media Sains Indonesia

Ayunis., Fauzan, A., & Ardipal. (2018). The Influence of Active Knowledge Sharing Strategies and Initial Ability of Student’ Mathematical Ability. 1st International Conference of Innovation in Education (ICoIE), 221-225.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas

Dewi, A. N., Dwiastuti, S., & Prayitno, B. A. (2010). Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMA N 2 Karanganyar. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 29-33.

Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29–35

Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). The Influence of Active Knowledge Sharing Learning Model on Mathematics Learning Outcomes of Junior High School Students. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1-7

Perwitasari, D. & Surya, E. (2017). The Development of Learning Material Using Problem Based Learning to Improve Mathematical Communication Ability of Secondary School Students. International Journal Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 200-207

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sari, E. F. P. (2016). Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang. Mosharafa, 5(3), 335-342

Satriawati, G., Musyifah, E., & Purwanto, S. (2018). Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 45-51

Silberman, M. L. (2011). Active learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS

Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.

Kusumah, Y. S., Kustiawati, D., & Herman, T. (2020). The Effect of Geogebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895-908

Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematik Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(2), 140-152

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri.

Downloads

Published

19-08-2023

How to Cite

Nisak, S. ., Zaura, B., & Dewi Annisa. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 55–63. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.289