Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.289Abstract
Salah satu kemampuan matematis yang sangat penting dan perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika ialah Kemampuan Komunikasi Matematis (KKM). Hal ini untuk membantu pembelajaran siswa mengenai konsep matematika untuk menggambarkan suatu keadaan, melukis, memberikan laporan, menggunakan objek, dan penjelasan secara lisan maupun tulisan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran matematika terhadap KKM masih rendah. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang memiliki kemampuan untuk merumuskan ide sendiri dan kurangnya keberanian yang dimiliki siswa untuk menyampaikan pendapat kepada orang lain. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui KKM siswa setelah belajar dengan menerapkan model Active Knowledge Sharing dan konvensional di SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Metode yang digunakan ialah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif melalui desain pretest-posttest-control-group-design. Seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Montasik Aceh Besar merupakan populasi penelitian dengan sampel dua kelas yang dipilih secara simple random sampling, di mana siswa kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes KKM dengan uji-t sebagai formula analisisnya pada taraf signifikansi 5% setelah persyaratan pengujian terpenuhi. Hasil penelitian diperoleh bahwa KKM siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran secara konvensional di SMPN 1 Montasik Aceh Besar. Penerapan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran matematika telah terbukti dapat mempengaruhi KKM siswa menjadi lebih baik dan dapat menjadi salah satu acuan tentang praktik baik model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap KKM siswa.
References
Asfar, A. M. I. A., Ahmad, M. A & Anshari. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing and Intelectually untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills. Bandung: Media Sains Indonesia
Ayunis., Fauzan, A., & Ardipal. (2018). The Influence of Active Knowledge Sharing Strategies and Initial Ability of Student’ Mathematical Ability. 1st International Conference of Innovation in Education (ICoIE), 221-225.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Depdiknas
Dewi, A. N., Dwiastuti, S., & Prayitno, B. A. (2010). Pengaruh Penggunaan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMA N 2 Karanganyar. Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi FKIP UNS, 29-33.
Hikmah, A., Roza, Y., & Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Soal SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 29–35
Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). The Influence of Active Knowledge Sharing Learning Model on Mathematics Learning Outcomes of Junior High School Students. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 1-7
Perwitasari, D. & Surya, E. (2017). The Development of Learning Material Using Problem Based Learning to Improve Mathematical Communication Ability of Secondary School Students. International Journal Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 200-207
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sari, E. F. P. (2016). Penerapan Model Active Knowledge Sharing dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMPN 18 Palembang. Mosharafa, 5(3), 335-342
Satriawati, G., Musyifah, E., & Purwanto, S. (2018). Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 45-51
Silberman, M. L. (2011). Active learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS
Sofyan, D., & Madio, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93-104.
Kusumah, Y. S., Kustiawati, D., & Herman, T. (2020). The Effect of Geogebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895-908
Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematik Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(2), 140-152
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.
Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.