Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik SMK pada Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Sanie Rachma Setia Gunawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.325

Keywords:

motivasi belajar, pasca pandemi covid-19, masa transisi

Abstract

Pembelajaran pasca pandemi Covid-19 telah dilaksanakan secara luring dengan kapasitas 100% setelah sebelumnya dilaksanakan secara daring. Peralihan sistem pembelajaran dari daring menjadi luring tentu mengakibatkan banyak perubahan pada peserta didik. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pasca-pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Karawang, dengan 31 peserta didik kelas XI TM 1 yang menjadi subjek penelitian, serta kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian yang digunakan. Berdasarkan pada hasil penelitian, motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika berkategori baik dengan persentase rata-rata seluruh indikator sebesar 65,52%. Terdapat 5 (lima) indikator yang tergolong kategori motivasi belajar baik dan 1 (satu) indikator yang tergolong kategori motivasi belajar cukup. Indikator yang tergolong kategori motivasi belajar baik yaitu terdapat keinginan dan hasrat untuk belajar (63,76%), terdapat kebutuhan dan dorongan untuk belajar (64.11%), terdapat ambisi dan cita-cita masa depan (71,61%), terdapat apresiasi dalam belajar (69,57%), serta terdapat situasi kondusif dalam belajar (64,62%). Sedangkan indikator yang tergolong kategori motivasi belajar cukup yaitu terdapat aktivitas menarik dalam belajar (59,41%).

References

W. R. Cahyadi, S. R. Ariyanto, B. S. Hadi, and M. Y. Pratama, “Pendidikan Jarak Jauh Di Smk Dan Kendalanya Selama Pandemi Covid-19,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 1, pp. 247–253, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i1.2712.

D. R. Sari, N. Nurhayati, and B. Buyung, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Motivasi Siswa pada Materi Lingkaran Di SMP Negeri 12 Singkawang,” J. Educ. Rev. Res., vol. 2, no. 1, p. 35, 2019, doi: 10.26737/jerr.v2i1.1851.

B. Murtiyasa and A. D. Amini, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika Di Era Covid-19,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 3, p. 1554, 2021, doi: 10.24127/ajpm.v10i3.3711.

A. M. Nasrah, “Analisis Motivasi Belajaar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19,” Ris. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 207–213, 2020.

D. P. Sari, Y. Yana, and A. Wulandari, “Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19,” J. Ilmu Pendidik. STKIP Kusuma Negara, vol. 13, no. 1, pp. 1–11, 2021, doi: 10.37640/jip.v13i1.872.

Y. Wahyuni and S. Netti, “Analisis motivasi belajar matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 12, no. 1, pp. 52–59, 2021, doi: 10.26877/aks.v12i1.6022.

Z. Alifia and T. R. Pradipta, “Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1062–1070, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.591.

A. Nadifa, M. T. Hidayat, S. Ghufron, and P. Mariati, “Analisis Motivasi Belajar Pasca Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas IV SDI Wachid Hasyim Surabaya,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 4, pp. 2657–2664, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

N. Agustin, A. Anugrahana, and A. Saptoro, “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pasca Pandemi Covid 19 di SDN Ngluwar 3,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, pp. 2764–2769, 2022.

E. S. Bahriah, M. Nurfikri, M. A. Rista, and H. M. Raihan, “Analisis Motivasi Belajar Kimia Siswa Di Sekolahmadrasahaliyahpascapandemi Covid-19,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Kim. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 206–215, 2022.

Soegiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2011.

E. P. Widoyoko, Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019. [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

T. kurniawan Bungsu, M. Vilardi, P. Akbar, and M. Bernard, “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas,” J. Educ., vol. 01, no. 02, pp. 382–389, 2019.

T. A. Mubarok, “Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Muta’Allimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 4, no. 1, p. 118, 2019, doi: 10.28926/briliant.v4i1.277.

A. Emda, “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, 2017.

A. K. Wati and Muhsin, “Pengaruh minat belajar, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap kesulitan belajar,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 8, no. 2, pp. 797–813, 2019, doi: 10.15294/eeaj.v8i2.31517.

N. Arifin, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Literasi Matematika Dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” J. Pendas Mahakam, vol. 7, no. 1, pp. 9–17, 2022.

N. Lestari and D. R. Suryani, “Penggunaan Variasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri 2 Merauke,” Musamus J. Math. Educ., vol. 1, pp. 2–7, 2019.

K. A. Saputro, C. K. Sari, and S. Winarsi, “Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1735–1742, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/992

A. A. Rohman and S. Karimah, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI,” J. At-taqaddum, vol. 10, pp. 95–108, 2018.

Downloads

Published

02-06-2023

How to Cite

Gunawan, S. R. S., & Aini, I. N. (2023). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik SMK pada Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi Covid-19. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i1.325