Persepsi Siswa Kelas VIII SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Melalui Kurikulum Merdeka
Keywords:
Kurikulum Merdeka, persepsi, pembelajaran matematika berdiferensiasiAbstract
Beberapa tahun terakhir, pemerintah mencanangkan Kurikulum Merdeka sebagai pembaharuan kurikulum sebelumnya. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai kebutuhan dan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas 8 terhadap pembelajaran matematika berdiferensiasi melalui Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 142 siswa kelas VIII SMPN 4 Jember. Instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka terlaksana baik dengan persentase pada pembelajaran matematika berdiferensiasi sebesar 72,54%.
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (5th ed.). Rosda.
Ariga, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670.
Kemdikbud. (2024). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/ articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka
KUSADI, N. M. R. (2022). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Vak Dengan Multimoda Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55–60. https://ojs.universitastabanan.ac.id/index.php/majalah-ilmiah-untab/article/view/149
Lestari, N. D. S., Pambudi, D. S., Kurniati, D., Maulana, A. P., Murtafiah, W., & Suwarno, S. (2023). Kesiapan Guru Matematika Sekolah Menengah Dalam Mengajarkan Literasi Dan Numerasi Melalui Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1650. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6674
Lestari, R. D., Setiawani, S., & Monalisa, L. A. (2022). Analysis of Mathematical Communication Skills in Problem Solving Linear Programs on Online Learning Reviewed From Impulsive and Reflective Cognitive Styles. AIP Conference Proceedings, 2633. https://doi.org/10.1063/5.0102254
Nadia, D. N. (2023). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Se-Kabupaten Hulu Sungai Selatan. THETA : Jurnal Pendidikan Matematika.
Naufal, M., & Martias, M. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. AEEJ : Journal of Automotive Engineering and Vocational Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.24036/aeej.v1i2.9
Nurfata, A. S. B., & Pujiastuti, H. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(Indonesia 2003), 10–19.
Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.
Pangesti, I., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh Kondisi Sosial-Ekonomi Orangtua, Teman Sebaya, dan Persepsi Siswa Mengenai Metode Pengajaran Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2134–2142. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2421
Sabarini, S. S. (2021). Persepsi dan Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan Mengimplementasikan E-Learning pada Masa Pandemi Covid-19. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Persepsi_dan_Pengalaman_Akademik_Dosen_K/FmpNEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Saputro, D. Aj., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 1. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24370
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (3rd ed.). Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.