SLR: Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Teori Newman
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.544Keywords:
Studi Pendahuluan, Bangun Ruang Sisi Datar, NewmanAbstract
Geometri merupakan salah satu cabang penting dalam matematika yang perlu dipelajari oleh siswa, karena dapat membantu mengembangkan keterampilan dalam pemecahan masalah. Namun, masih terdapat kesalahan yang sering terjadi dalam menyelesaikan masalah terkait geometri, khususnya pada topik bangun ruang sisi datar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada topik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR). Data dikumpulkan dengan mendokumentasikan dan mereview 43 artikel yang terindeks secara nasional, kemudian artikel-artikel tersebut dikelompokkan ke dalam beberapa kategori. Dari hasil penelitian, terdapat 13 artikel yang membahas mengenai kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada topik bangun ruang sisi datar. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa masih terdapat kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah terkait bangun ruang sisi datar. Jenis kesalahan yang paling umum adalah Comprehension Error, Transformation Error, dan Encoding Error. Kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep, pemilihan rumus yang tidak tepat, dan kurangnya kebiasaan siswa dalam menyimpulkan hasil masalah geometri.
References
Amin, K., Kamid, K., & Hariyadi, B. (2021). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2053–2064. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.692
Amni, R., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Bagian Balok Berdasarkan Teori Newman. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(3), 215. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13560
Ardianzah, M. A., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segiempat. MATHEdunesa, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p40-47
Ariyani, W. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(01), 55–64.
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., & Purwasih, R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 71. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912
Elsa, H. A., Juandi, D., & Fatimah, S. (2022). Students’ Errors in Solving Solid Geometry Problems. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2306. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5193
Hendrayanto, D. N., Widodo, S. A., Wijayanto, Z., & Wahmad, W. (2021). Aplikasi Teori Newman: Bagaimana Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Geometri 3D? JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 94. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3613
Hikmah, N., Rahayu, P., & Putri, H. E. (2021). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita Menggunakan Tahapan Analisis Newman Pokok Bahasan Geometri Bangun Ruang. Renjana Pendidikan …, 2016, 941–949. http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk/article/view/1957
Iislahiya, I., Gunadi, F., & Nurafifah, L. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Prosedur newman. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 224–234.
Khusna, A. A., Utami, R. E., & Nursyahidah, F. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tipe HOTS Ditinjau dari Gaya Kognitif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 77–94. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/4021
Lestari, A. R. A., Minggi, I., & Qadry, I. K. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Prosedur Newman. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Mtematika), 11(2), 122–129. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/3513
Lestari, A. S., Aripin, U., & Hendriana, H. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Penalaran Matematik Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Analisis Kesalahan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 493. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p493-504
Mahmudah, W. (2018). Analysis of Student Errors in Solving Hots Type Math Problems Based on Newman’s Theory. Jurnal UJMC, 4(1), 49–56.
Mega Eriska Rosaria Purnomo, I. U. M. (2017). Geometri Ruang di Perguruan Tinggi:Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Berdasarkan Prosedur Newman. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY.
Nofita, E. S., Rahmi, D., Kurniati, A., & Arsy, N. (2022). Analisis Newman ’ s Error Penyelesaian Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Minat Belajar Siswa. 5(4), 335–342.
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Suwito, A. (2018). Analisis Berpikir Secara Geometri Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Pada Kelas Viii. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia , 64–69.
Tayeb, T., Angriani, A. D., Humaerah, S. R., Sulasteri, S., & Rasyid, M. R. (2018). The Students’ Errors in Answering Geometric Tests with Newman Procedures. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012048
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Ulpa, F., Marifah, S., Maharani, S. A., & Ratnaningsih, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 67–80. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8651
Wahyuni, A. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.