Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Arum Diyastanti Universitas PGRI Semarang
  • Rizky Esti Utami Universitas PGRI Semarang
  • Rasiman Universitas PGRI Semarang
  • Suprihatin SMK Negeri 2 Semarang

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.660

Keywords:

Komunikasi matematis, Gaya belajar, Peluang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X ditinjau dari gaya belajar pada materi peluang. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa bergaya belajar visual, 1 siswa bergaya belajar auditorial, dan 1 siswa bergaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan gaya belajar visual menguasai ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika serta menggambarkannya secara visual, menyajikan ide dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan notasi ide-ide matematika, dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan. Sedangkan siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik hanya mampu menguasai dua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai indikator kedua dan indikator ketiga yaitu menyajikan ide dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan notasi ide-ide matematika dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan. Demikian juga, siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu menguasai indikator pertama dan indikator ketiga yaitu menyatakan permasalahan ke dalam model matematika serta menggambarkannya secara visual dan menyimpulkan hasil penyelesaian permasalahan.

References

Anintya, Y. A., Pujiastuti, E., & Mashuri. (2017). Analysis of Mathematical Communication Skills Viewed from Student Learning Styles in Eighth Grader Students in Learning Resource Based Learning Model Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII pada Model Pembelajaran Resource Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 37–43. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.13630

Astuti, A., & Leonard, L. (2015). Peran kemampuan komunikasi matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 2(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.91

Auliana, N., Handayani, A. D., & Katminingsih, Y. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Statistika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik (VAK). Simki-Techsain. Vol. 1(6).

Ayuningsih, R., Dwi Setyowati, R., & Esti Utami, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah program linear berdasarkan teori kesalahan kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232

DePorter, Bobbi., dan Mike Hernacki. (2007). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: KAIFA.

Elindra, R., & Pane, M. F. D. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII MTS. S NURUL IMAN. Jurnal MathEdu, 2(1), 19–27.

Miles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Theachers of Mathematics, Inc.

Nugroho, A. D., Zulkarnaen, R., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 6(2). In Gaya Belajar Siswa SMP JPMR (Vol. 06, Issue 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Permendiknas, R. I. No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satiuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Depdiknas.

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo Pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86–92. https://doi.org/10.26858/jnp.v5i2.4867

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Syarifah, T. J., Sujatmiko, P., & Setiawan, R. (2017). Analisis kemampuan komunikasi matematis tertulis ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas xi mipa 1 sma batik 1 surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 1(2), 1–19.

Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., Yusuf, F. I., & Pgri Banyuwangi, U. (2019). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 68–76. https://doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3429

Wulansari, D. M., Purnomo, D., & Esti Utami, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Visual dan Auditorial. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 1(6), 393–402.

Downloads

Published

16-10-2023

How to Cite

Arum Diyastanti, Rizky Esti Utami, Rasiman, & Suprihatin. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Ditinjau dari Gaya Belajar. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.660