Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Catung untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.686Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan perkalian kritis siswa kelas III SDN Mangunrekso 01. Hal ini dikarenakan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran matematika masih sedikit. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Catung untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada perkalian matematika kelas III SDN Mangunrekso 01. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Semua siswa kelas III SDN Mangunrekso 01 adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari empat tahap: rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siklus I memiliki skor rendah sebesar 45%, skor sedang sebesar 33% dan skor tinggi sebesar 22% dan pada siklus II diperoleh skor sedang sebesar 11% skor tinggi sebesar 11% dan skor sangat tinggi sebesar 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata skor sebesar 4,77 dan siklus II rata-rata skor sebesar 7,77 dan peningkatannya sebesar 3,00. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model media catung Problem-Based Learning (PBL) Catung dapat meningkatkan kemampuan critical thinking siswa.
References
Amin, Mohammad Nurul, Syed Masudur Rahman Dewan, Wahiduzzaman Noor, and A. F. M. Shahid-Ud-Daula. 2013. “Characterization of Chemical Groups and Determination of Total Phenolic Content and In-Vitro Antioxidant Activities of Ethanolic Extract of Ocimum Sanctum Leaves Growing in Bangladesh.” European Journal of Experimental Biology 3(1):449–54.
Brillian Rosy & Triesninda Pahlevi. 2015. “Penerapan Problem Based Learning.” 160–75.
Castle, Sharon, Richard I. Arends, and Kathleen D. Rockwood. 2008. “Student Learning in a Professional Development School and a Control School.” Professional Educator 32(1):1–15.
Ennis, Crystal A., and Margaret Walton-Roberts. 2018. “Labour Market Regulation as Global Social Policy: The Case of Nursing Labour Markets in Oman.” Global Social Policy 18(2):169–88. doi: 10.1177/1468018117737990.
Jacub, Tasmin A, dkk. 2020. Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS (Studi Penelitian Tindakan Kelas Di SMP Negeri 2 Tolitoli). Vol. 2.
Kurnaesih, Eni dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Media Cerita Gambar.
Maqbullah, Shofiyah, Tati Sumiati, and Idat Muqodas. 2018. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Metodik Didaktik 13(2):106–12. doi: 10.17509/md.v13i2.9500.
Nurhayati, T., Nurunnisa, E. C., & Husni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Iqra’(Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal Daarul Hikmah Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).
Ningsastia, M. P., & Mujiyono, F. D. P. (2015). Peningkatan Keterampilan Menyimak Teks Narasi Berbahasa Jawa melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Joyful Learning Journal, 4(3).
Purba, Edi Warman. 2018. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Model Two Stay Two Stray Dengan Media Powerpoint.” Jurnal Global Edukasi 2(2).
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.
Revolusi, B. D. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas III SD.
Riswari, Lovika Ardana, and Diana Ermawati. 2020. “Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar.
Susilowati, Dwi. 2018. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.” Edunomika 02(01):36–46.
Wibowo, Sigit Ari, Djaelani, and Sularmi. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita Dalam Matematika Melalui Metode Problem Based Learning.” Jurnal Didaktika Dwija Indria 2(4):1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.