Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Means Ends Analysis untuk Mengajarkan Koneksi Matematis Peserta Didik

Authors

  • Novi Ismi Sobiroh
  • Suwarno UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.756

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Model Means-Ends Analysis (MEA), Koneksi Matematis.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pemakaian metode pembelajaran konvensional menyebabkan peserta didik merasa jemu selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Solusi yang digunakan adalah mengubah model pembelajaran dengan kooperatif berdasarkan Means-Ends Analysis (MEA) yang merupakan langkah awal untuk mengajarkan konsep matematika kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran MEA dalam mengajar konsep matematika kepada peserta didik SMP Argopuro 2 Suci. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Fokus penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Argopuro 2 Suci. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar observasi, dan angket respons dari peserta didik. Analisis data melibatkan terhadap hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memiliki skor kevalidan RPP yaitu 3,6, LKPD dengan 3,6, dan soal post-test 3,5. Selain itu, hasil kepraktisan berdasarkan respons peserta didik, keterlaksanaan guru dalam kelas, dan observasi aktivitas peserta didik di masing-masing kelompok tertentu menunjukkan skor kepraktisan lebih dari 60%, yang menandakan bahwa perangkat pembelajaran ini memiliki kualitas sangat baik. Hasil post-test peserta didik secara klasikal juga menunjukkan tingkat keefektifan yang tinggi, yaitu 88,4% untuk tes pengetahuan dan 92,3% untuk tes koneksi matematis. Dengan demikian, perangkat pembelajaran ini dianggap tidak memerlukan revisi lebih lanjut.

References

Afrizal, Sri. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2020/2021.

Anita, Ika Wahyu. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Peserta didik Smp.” 3(1): 125–32.

Aras, A. (2020). Model pembelajaran Means-Ends Analysis dalam menumbuhkembangkan kemampuan problem solving dan productive disposition. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 183-198.

Aritonang, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Permainan Rakyat Melayu Riau Pada Materi SPLTV Untuk Siswa SMA Kelas X (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(2), 920-929.

Hanifiah, I., & Pabrawati, M. N. (2019, November). Penerapan Strategi MEA (Means-Ends Analysis) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik. In Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Jawad, L. F. (2022). Mathematical connection skills and their relationship with productive thinking among secondary school students. Periodicals of Engineering and Natural Sciences, 10(1), 421-430.

Juanda, J., Johar, R. J., & Ikhsan, M. I. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 105-113.

Karim, N., & Normaya, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model JUCAMA di sekolah menengah pertama. Jurnal pendidikan matematika, 3(1), 92-104.

Lestari, D. I., Supriyono, S., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran MEA Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. UNNES Journal of Mathematics Education, 3(1).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Lestari, N. D. S., Murtafiah, W., Lukitasari, M., Suwarno, S., & Putri, I. W. S. (2022). IDENTIFIKASI RAGAM DAN LEVEL KEMAMPUAN REPRESENTASI PADA DESAIN MASALAH LITERASI MATEMATIS DARI MAHASISWA CALON GURU. Kadikma, 13(1), 11-23.

Magdalena, T., & Surya, E. (2018, December). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA KELAS X SMA SWASTA BHAYANGKARI RANTAUPARAPAT. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1).

Mendikbud. (2016). Permendikbud No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Guruan Dasar Dan Menengah.

Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25-33.

Mulasari, M. R., Wulandari, I. A. A., & Putra, M. (2020). Model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 358-366.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. cet. I. Yogyakarta: Alfabeta.

Mutimmah, U. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Jember (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Viii Smp Se-Kota Sungai Penuh Dalam Menyelesaikan Soal Akm. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 232-237.

Purboningsih, D. (2015, November). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan guided discovery pada materi barisan dan deret untuk siswa SMK kelas X. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (Vol. 468).

Rahayu, T. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Numbered Head Together Di Kelas VIII MTs Negeri 2 Medan TP 2017/2018 (Doctoral dissertation).

Rahmadan, H. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah pada Siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan TP 2017/2018 (Doctoral dissertation).

Rochman, Z. F. (2022). Pengembangan Media Permainan Basket Math Pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX SMPN 1 Jember (Doctoral dissertation, UIN KHAS Jember).

Rosliana, I. (2019). Pengembangan LKPD matematika dengan model learning cycle 7E berbantuan mind mapping. Jurnal pengembangan pembelajaran matematika, 1(1), 10-22.

Rusnani, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Untuk Meningkatakan Prestasi Belajar Matematika Materi Membandingkan Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas VII D Di SMP Negeri 1 Geneng Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Edukasi New Normal (JENN), 2(1), 22-29.

Sahrudin, A. (2016). Implementasi model pembelajaran means-ends analysis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 4(1).

Saputri, N. C. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menerapkan Aktivitas Dalam Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, J. I., Syamswisna, S., & Yokhebed, Y. (2019). Kelayakan bahan ajar modul pada materi keanekaragaman hayati kelas X SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6).

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis model realistic mathematics education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59-67.

Sinaga, J. A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Terapan Pendidikan Matematika FKIP–Univ. HKBP Nomensen, 1(3), 29-41.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana, M. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-130.

Indah, W. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5840-5849.

Widarti, A. (2013). Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(003), 2.

Downloads

Published

17-10-2023

How to Cite

Sobiroh , N. I., & Suwarno. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Means Ends Analysis untuk Mengajarkan Koneksi Matematis Peserta Didik. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 120–134. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.756