Hubungan Self-Concept Matematis dengan Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.770Keywords:
Konsep diri, penalaran, hubunganAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai hubungan kemampuan self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif matematis siswa. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas XI di SMAN 1 Telukjambe Timur di Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional melalui pendekatan kuantitatif. Data diperoleh melalui instrumen tes berupa soal matematika sebanyak lima butir soal dan instrumen angket yang terdiri atas 18 butir pernyataan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji korelasi Kendall’s Tau yang bertujuan mencari hubungan linier antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara self-concept matematis dengan kemampuan penalaran adaptif siswa. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,544 yang menujukan keeratan hubungan yang kuat dan mengidentifikasi semakin tinggi self-concept siswa maka semakin tinggi pula kemampuan penalaran adaptif siswa, begitu pula sebaliknya.
References
Atwi, Z., & Firdaus, K. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal JPDO, 3(1), 24-29.
Hadi, S. (2018). Penalaran Adaptif Siswa MI Kelas Rendah Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(2), 235-246. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i2.87
Hakim, F., Amalia, S. R., & Mahmud, N. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pembuktian Matematika Siswa pada Materi Induksi Matematika. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 103-111. https://doi.org/10.31597/ja.v9i1.871
Heryana, A., Unggul, U. E., & Emergency, H. (2020). Desain Penelitian Non-Eksperimental. June).
Hurlock, E. B. (1978). Development psychology. Edisi 4. New Delhi: Tata Mc Graw Hill.
Indriani, T., Hartoyo, A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah kelas VIII SMP Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(2). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i2.18396
Ismeini, F. (2010). Hubungan antara emotional support, konsep diri dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika siswa SLB-D YPAC Surakarta tahun ajaran 2009/2010.
Kilpatrick, J., dkk. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. Washington DC: National Academy Press
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika, Edisi Ketiga. Bandung: Refika Aditama
Moma, L. (2015). Peningkatan soft skills siswa smp melalui pembelajaran generatif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4829
Roflin, E., & Zulvia, F. E. (2021). Kupas tuntas analisis korelasi. Penerbit NEM.
Sarwono, J. (2015). Kriteria Tingkat Keeratan Hubungan Antar Variabel. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Sumartini, T. S. (2015). Mengembangkan self concept siswa melalui model pembelajaran concept attainment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 48-57.
Syefriyani, D., & Haji, S. (2018). Penerapan lesson study untuk meningkatkan self-concept mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar matematika. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 101-109. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.388
Widiarti, P. W. (2017). Konsep diri (self concept) dan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pada siswa SMP se kota Yogyakarta. INFORMASI Kajian Ilmu Komunikasi, 47(1), 135-148. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035
Wijaya, R., Fahinu, F., & Ruslan, R. (2019). Pengaruh kecemasan matematika dan gender terhadap kemampuan penalaran adaptif matematika siswa SMP Negeri 2 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 173-184. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5867
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.