Pengaruh Penggunaan Media Palintarmatika terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Prima Crismono Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.984

Keywords:

media, perkalian, penjumlahan, Palintarmatika

Abstract

Siswa dapat memahami pelajaran yang diajarkan oleh guru apabila digunakan sumber belajar yang tepat. Salah satu cara yang seharusnya dilakukan guru untuk dapat mendidik siswanya adalah dengan menggunakan alat pendidikan yang lebih beragam dan memberikan pelajaran yang bermakna lebih dalam dan terarah. Karena pembelajaran yang hanya mengandalkan pendengaran mempunyai sejumlah keterbatasan, maka dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi dapat menghasilkan pembelajaran yang baik dan memungkinkan proses pembelajaran berjalan dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dan metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah permainan dengan menggunakan papan angka. Untuk pengajaran matematika akan digunakan pendekatan berbasis permainan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penggunaan media papan perkalian sebagai sumber pengajaran topik matematika telah meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan ini disebabkan karena pada awalnya siswa cenderung kurang aktif di kelas karena bosan dan bosan dengan ceramah guru yang monoton tanpa adanya materi pendukung. Untuk membuat siswa lebih senang dan bersemangat dalam belajar, salah satu alternatifnya adalah dengan menggunakan media papan perkalian.

References

Akbar, R., Weriana, Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari, 2023(2), 465–474.

Apriliani, R. (2018). Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Psikomotorik Siswa Pada Pokok Bahasan Protista. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1), 11–20. https://doi.org/10.31932/jpbio.v1i1.238

Crismono, P. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. 2(1). http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/890

Crismono, P. C. (2017). Penggunaan Media dan Sumber Belajar dari Alam Sekitar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Gammath, 2(2), 72–77. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/download/693/564

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515

Lelawarna, L. (2018). Effort Increasing Learning Result Of Communication Operations Calculating Methods Using Napier Bone Students Class Students In Basic Schools 12 Tebat Karai. Jurnal PGSD, 11(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.112-119

Rahmatunnisa. (2022). Pengembangan Media Papan Baper ( Batang Perkalian ) Dalam Materi Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Kelas II SDN Margahayu XIX. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–12.

Suarti, N., Hikmah Kartini, N., & Supriyadi, A. (2022). Analisis Kesulitan Peserta Didik Pada Materi Perkalian Pada Kelas Iv Sdn Beringin Tunggal Jaya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(2), 1–7. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i2.4081

Supriatna, A., & Wulandari, F. (2023). Pengembangan Media Papan Baper ( Batang Perkalian ) Pada Pembelajaran Matematika Materi. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(1), 1–10.

Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10778

Zulfitria, Z. (2019). Upaya Meningkatkan Hafalan Perkalian Matematika Dengan Menggunakan Metode Bernyanyi Pada Siswa Kelas 2 Sd Di Muhammadiyah 12 Pamulang Banten. Instruksional, 1(1), 17. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.17-24.

Downloads

Published

19-10-2023

How to Cite

Crismono, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Palintarmatika terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 135–142. https://doi.org/10.32528/gammath.v8i2.984