Model Awal Untuk Optimalisasi Kualitas Learning Management System Dalam Upaya Mendukung Transfer Of Knowledge Pada Penyelenggaraan Hybrid Learning Program Organisasi Penggerak
DOI:
https://doi.org/10.32528/justindo.v8i1.215Keywords:
Program Organisasi Penggerak, Transfer of Knowledge, Model Pengukuran, Optimalisasi Kualitas LMSAbstract
Kegiatan POP (Program Organisasi Penggerak) dilaksanakan selama tiga tahun dan saat ini telah selesai di tahun kedua. Kegiatan ini merupakan salah satu program kementerian Pendidikan dan Kebudaayaan Episode Keempat, dimana pemerintah berupaya untuk mendapatkan praktik baik dibidang Pendidikan dari organisasi masyarakat yang nantinya akan diterapkan di skala kabupaten atau kota, skala provinsi atau skala nasional. YSIC (Yayasan Sakata Innovation center) merupakan salah satu Yayasan yang mendapatkan kesempatan untuk berbagi praktik baik untuk melakukan Transfer of Knowledge dari Tim POP YSIC kepada guru dan kepala sekolah, untuk selanjutnya diterapkan kepada siswa di seolahnya masing-masing. Salah satu hal yang paling menetukan pada kegiatan ini yaitu adanya keberhasilan Transfer of Knowledge tersebut. Metode yang digunakan dalam Transfer of Knowledge yaitu menggunakan Model Hybrid Learning dengan menggunakan LMS (Learning Management System) yang telah dibuat pada tahun pertama kegiatan. Optimalisasi Kualitas LMS bisa dijadikan salah satu faktor yang akan mendukung proses Transfer of Knowledge. Tujuan penelitian pada tahap awal ini adalah membentuk model awal untuk pengukuran optimalisasi LMS pada platform LMS yang dibuat oleh YSIC pada tahun pertama. Penelitian ini merupakan rangkaian awal penelitian, yang sangat berkaitan dengan POP yang dilaksanakan oleh YSIC. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan observasi dan wawancara dengan stakeholder dan perumusan model awal sebagai output pada penelitian ini menggunakan pendekatan Metode prototype. Hasil yang diperoleh berupa model awal pengukuran optimalisai LMS pada POP yang dilaksanakan oleh YSIC, model ini akan menjadi acuan pada penelitian lanjutan.
References
Alomari, H. W., Ramasamy, V., Kiper, J. D., & Potvin, G. (2020). A User Interface (UI) and User eXperience (UX) evaluation framework for cyberlearning environments in computer science and software engineering education. Heliyon, 6(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e03917
Alqahtani, A. (2019). Usability testing of google cloud applications: Students’ perspective. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 326–339. https://doi.org/10.3926/JOTSE.585
Bibi, S., & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman The Effects Of Blended Learning Model On The Student’s Motivation And Understanding On The Subject Of Algorithms And Programming (Vol. 5, Issue 1).
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748
Fitria Rachmawati, R. (2022). Analisis Gap Evaluasi Kualitas Sistem E-Learning Di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Indonesian Journal of Electronics and Instrumentation Systems (IJEIS, x, No.x, 1–5. https://doi.org/10.22146/ijeis.xxxx
Kashfi, P., Feldt, R., & Nilsson, A. (2019). Integrating UX principles and practices into software development organizations: A case study of influencing events. Journal of Systems and Software, 154, 37–58. https://doi.org/10.1016/j.jss.2019.03.066
Seaman, J. E., Elaine Allen, I., & Seaman, J. (2018). GRADE INCREASE TRACKING DISTANCE EDUCATION IN THE UNITED STATES Grade Increase: Tracking Distance Education in the United States. www.favazza.com
Taubah, M. (2019). Penilaian Hots dan Penerapannya di SD/MI. 197–214. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6368
Wang, X., Zhou, C., & Xu, X. (2019). Application of C4.5 decision tree for scholarship evaluations. Procedia Computer Science, 151, 179–184. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.04.027
Vishwas Massey, K. J. Satao, (2012). Evolving a New Software Development Life Cycle Model (SDLC) Incorporated with Release Management. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT) ISSN: 2249 – 8958, Volume-1 Issue-4 https://www.ijeat.org/wp-content/uploads/papers/v1i4/D0240031412.pdf
Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153
Yandra D. Rachmawati L., Muhammad Shodiq A. K. (2019). Penerapan Metode Service Quality (Servqual) untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Jurnal Optimaliasai Sistem Industri. P-ISSN 1693-2102 / 2686-2352 http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi/article/view/2827
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 R Reza El Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.