Pelatihan dan Pendampingan Periklanan Digital Sebagai Upaya Optimalisasi Promosi Desa Wisata Ngidam Muncar

Authors

  • Estu Widiyowati Universitas Slamet Riyadi
  • Sihabuddin Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v10i2.1016

Keywords:

Desa Wisata, Periklanan Digital, Instagram

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan periklanan digital. Mitra dari kegiatan ini ialah BUMDes Muncar Makmur. Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman dasar, pelatihan, dan pendampingan mengenai periklanan digital sebagai upaya untuk mengoptimalisasikan promosi Desa Wisata Ngidam Muncar. Permasalahan utama yang dialami oleh mitra ialah, pertama, Belum dilakukannya pemanfaatan secara optimal media Instagram yang dimiliki oleh mitra sebagai media untuk beriklan; kedua, adanya keterbatasan sumber daya untuk melakukan aktivitas promosi dengan menggunakan iklan digital; ketiga, minimnya pelatihan dan pendampingan mengenai periklanan digital di wilayah mitra. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri dari tiga tahapan, yaitu identifikasi masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa tercapainya pemahaman mitra secara mendasar mengenai periklanan digital, khususnya melalui media Instagram, sekaligus juga sebagai upaya untuk menyiapkan sumber daya yang mampu untuk mengoptimalisasi kegiatan promosi Desa Wisata Ngidam Muncar. Secara jangka panjang, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi perkembangan Desa Wisata Ngidam Muncar dan perekonomian masyarakat lokal.

References

Annur, C. M. (2023, May 4). Jumlah Pengguna Instagram Indonesia Terbanyak ke-4 di Dunia.

Jadesta. (2021). Desa Wisata. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/kategori/71

Karnadi, A. (2022). Pengguna Internet di Indonesia Capai 205 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-internet-di-indonesia-capai-205-juta-pada-2022

Lee, H., & Cho, C. H. (2020). Digital advertising: present and future prospects. International Journal of Advertising, 39(3), 332–341. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1642015

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Rogerson, C. M. (2008). Developing Small Tourism Businesses in Southern Africa. Botswana Notes and Records, 39(1), 23–34. http://www.jstor.org/stable/41236630

Saarinen, J., & Manwa, H. (2008). Tourism as a Socio-Cultural Encounter: Host-Guest Relations in Tourism Development in. Botswana Notes and Records, 39, 43–53. http://www.jstor.org/stable/41236632

Sulaeman, A., & Bramasta, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 87–96.

Published

2024-12-30