Sosialisasi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik Di Desa Manikliyu, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli

Authors

  • Dewa Ayu Trisna Adhiswari Wedagama Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Likayuni Viona Universitas Pendidikan Nasional
  • Keny Fransisca Librantia Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.32528/jpmi.v9i2.1030

Keywords:

Limbah dan Sampah, Sosialisasi, Konversi Thermal, Waste To Energy, Pengabdian Kepada Masyarakat

Abstract

Limbah dan sampah merupakan masalah yang dihadapi oleh berbagai sektor, mulai dari perkotaan bahkan pedesaan. Permasalahan sampah tersebut juga dihadapi di salah satu desa di Bali yaitu Desa Manikliyu. Limbah dan sampah yang tidak dikelola dengan baik merupakan salah satu hal yang menjadi tantangan pemerintah Desa Manikliyu. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengelola limbah dan sampah tersebut seperti mengubahnya menjadi energi listrik. Beberapa cara untuk mengelola limbah dan sampah menjadi energi listrik dapat dilaksanakan dengan konversi thermal dan teknologi Waste To Energy (WTE). Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tim PKM Dosen Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Pendidikan Nasional bertujuan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Desa Manikliyu tentang solusi dari permasalahan sampah yaitu dengan mengelola limbah dan sampah menjadi energi listrik dengan menggunakan konversi thermal maupun WTE. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi mengenai penerapan pengelolaan limbah dan sampah menjadi energi listrik, serta disajikan contoh - contoh hasil penerapan di berbagai daerah yang telah melaksanakan pengelolaan limbah dan sampah tersebut. Sosialisai diberikan kepada perangkat desa, STT (Sekaa Teruna Teruni), ibu – ibu yang tergabung dalam PKK Desa Manikliyu, serta masyarakat undangan. Melalui kegiatan pengabdian dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat desa, manfaat yang diperoleh dapat dilakukan penyamaan persepsi dan tujuan untuk mengelola sampah di Desa Manikliyu sehingga nantinya masyarakat desa dapat secara aktif berperan untuk mengelola limbah dan sampah yang ada di desa mereka.

References

Elvi Sunarsih (2014). Konsep Pengolahan Limbah Rumah Tangga Dalam Upaya Pencegahan Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya Vol. 5.No. 03.

Hermawan, F. (2017). Penerapan Teknologi Waste to Energy (WTE) Pada Rencana Pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter Jakarta Utara. Research Paper- Teknologi Waste to Energi (WTE) dalam Penerapannya di Provinsi DKI Jakarta/ITF Sunter.

Hidayah, E.N, Ariq A.M, dan Okik H.C (2021). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Kertas, Plastik Dan Logam Melalui Bank Sampah Di Kawasan Perumahan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Berkemajuan Vol. 4.No. 2.

Kadang J.M dan Nazaruddin Sinaga (2021). Pengembangan Teknologi Konversi Sampah Untuk Efektifitas Pengolahan Sampah dan Energi Berkelanjutan. Jurnal Teknika Politeknik Negeri Sriwijaya Vol. 15.No. 01.

Kementerian ESDM Republik Indonesia, Dirjen Energi Baru dan Terbarukan serta Konservasi Energi. (2016). Jakarta: Buku Panduan Sampah menjadi Energi

Mulyati B, Yusina F.I, dan Alamsyah B (2023). Sosialisasi Pengelolaan Sampah Sebagai Upaya Peningkatan Peran Masyarakat dalam Mengelola Sampah di Kota Serang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bantanese Vol. 5.No. 1.

MYH Wong (2019). Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (Tpas) Sebagai Upaya Pengendalian Pencemaran Air Di Kota Balikpapan. Jurnal Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Rachim, T,A. (2017). Life Cycle Assessment (Lca) Pengolahan Sampah Secara Termal (Studi Kasus: Tpa Benowo, Kota Surabaya). Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Tjokrokusumo. (1995). Pengantar Konsep Teknologi Bersih. Yogyakarta: Sekolah. Tinggi Teknik Lingkungan YLH.

Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Yuliansyah, Agus Y, Martin C.F, dkk (2021). Sosialisasi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik Di Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji, Tangerang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri Vol. 3.No. 2.

Published

2023-12-31